Pemkab Manggarai Timur bantu biaya pengobatan warga di RSUD Ben Mboi Ruteng

id labuan bajo

Pemkab Manggarai Timur bantu biaya pengobatan warga di RSUD Ben Mboi Ruteng

Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur Boni Hasudungan mengunjungi salah seorang warga bernama Maria Goreti yang sedang terbaring lemah di RSUD Ben Mboi Ruteng, Manggarai, Senin (4/10/2021) (ANTARA/Ho-Humas Pemkab Manggarai Timur)

Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memberikan perhatian dan konsistensi bagi rakyat yang tidak memiliki biaya pengobatan dengan membantu biaya rumah sakit salah seorang warga bernama Maria Goreti yang terbaring lemah di RSUD Ben Mboi Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

"Sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur, saya sampaikan bahwa biaya perawatan Ibu Maria Goreti akan ditanggung oleh pemerintah daerah karena saat ini beliau belum menjadi anggota BPJS Kesehatan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur Boni Hasudungan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Rabu.

Maria Goreti (43) merupakan warga Golo Meleng, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur yang terbaring di rumah sakit dan kesulitan membayar biaya pengobatan karena belum terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Sekda Boni berujar, Maria Goreti dan keluarganya pun telah didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan iuran yang akan dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur terhitung tanggal 1 November 2021 mendatang.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerah siap hadir untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat. Pemerintah tidak ingin ada warga yang tidak dapat tertolong tindakan medis karena ketiadaan biaya pengobatan dan perawatan.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur pun sudah sering melakukan langkah aktif membantu warga yang tidak mampu, dimulai dari fasilitasi pengurusan BPJS Kesehatan hingga membayar biaya rumah sakit jika belum terdaftar dalam BPJS Kesehatan.

Sekda Boni berpesan agar Maria Goreti tidak memikirkan lagi biaya pengobatan, melainkan fokus pada proses pemulihan dari sakit. Dia berharap Maria Goreti bisa mendapatkan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan.

Sementara itu Agustinus Sangguk suami Maria Goreti terharu atas dukungan pemerintah terhadap keluarganya.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini tiada henti menyatakan kebahagiaannya atas bantuan biaya pengobatan istri dan kepesertaan BPJS Kesehatan yang mereka terima.

"Tuhan hadir menolong kami melalui Pemerintah Manggarai Timur. Terima kasih kami untuk kebijaksanaan Bupati Andreas Agas, Wakil Bupati Stefanus Jaghur, dan Sekda Boni Hasudungan," ucap dia penuh syukur.

Uploader : Angga Pramana