Neraca perdagangan Sumut hingga Agustus 2021 surplus 4,166 miliar dolar AS

id Sumut

Neraca perdagangan Sumut hingga Agustus 2021 surplus 4,166 miliar dolar AS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Neraca perdagangan luar negeri Propinsi Sumatera Utara hingga Agustus 2021 surplus 4,166 miliar dolar AS didorong peningkatan ekspor yang signifikan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Selasa, mengatakan, surplus  sebesar 4,166 miliar dolar AS itu berasal dari nilai ekspor yang sebesar 7,533 miliar dolar AS dan impor 3,367 miliar dolar AS.

"Ada surplus perdagangan luar negeri Sumut sebesar 4,166 miliar dolar AS selama periode Januari -Agustus 2021," katanya.

Syech Suhaimi menyebutkan, surplus perdagangan luar negeri Sumut yang cukup besar karena didorong meningkatnya nilai ekspor Sumut di periode Januari-Agustus 2021 atau 48,27 persen dibandingkan periode sama 2020.

Nilai impor Sumut sebenarnya di periode sama juga naik, namun kenaikannya lebih rendah dari peningkatan ekspor.

Pada periode Januari-Agsutus 2021, nilai. impor Sumut mencapai 5,081 miliar dolar AS atau naik 30,13 persen dari periode sama 2020.

Kenaikan nilai impor Sumut, katanya, didorong kenaikan volume dan harga beli barang impor sejalan semakin membaiknya perekonomian Sumut.

Nilai impor yang naik itu didorong kenaikan impor bahan baku penolong dan konsumsi

Pengamat ekonomi Sumut, Wahyu Ario Pratomo menyebutkan, diperkirakan ekonomi Sumut terus membaik sejalan dengan mulai bisa diatasinya dampak pandemi COVID-19.

"Ekspor dari Sumut masih sangat dibutuhkan negara asing karena berupa bahan baku industri seperti minyak sawit dan karet,"ujar Wahyu yang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Langkah pemerintah memberikan restrukturisasi kredit kepada pengusaha dan meningkatkan vaksinasi COVID-19 merupakan langkah tepat untuk mendorong ekonomi.

Uploader : Angga Pramana