Pemkot Magelang lakukan uji petik tes cepat antigen di sekolah

id Pemkot magelang

Pemkot Magelang lakukan uji petik tes cepat antigen di sekolah

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono. (ANTARA/Heru Suyitno)

Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, mengaktifkan uji petik tes cepat antigen kepada para siswa selama pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah di tengah pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono di Magelang, Rabu, mengatakan uji petik tes cepat antigen ini untuk menjaga keamanan para siswa di tengah pandemi COVID-19.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang telah menyelenggarakan PTM terbatas sejak 13 September 2021 seiring dengan masuknya daerah ini pada PPKM level 3.

Joko mengatakan PTM terbatas dilaksanakan dengan komposisi siswa masuk untuk tingkat SD dan SMP 50 persen, sedangkan untuk PAUD/TK 33 persen.

"Kami gugus tugas dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah melaksanakan uji petik untuk melihat kondisi anak-anak, apakah dalam PTM di masa pandemi ini mereka aman atau tidak," katanya.

Ia menyebutkan waktu uji petik di SMP Negeri 4 Kota Magelang beberapa waktu lalu, dari 75 anak yang dites cepat antigen semuanya negatif.

"Sudah saya perintahkan kepada kepala Dinas Pendidikan dan kepala Dinas Kesehatan untuk melaksanakan uji petik ini secara rutin, seminggu sekali," katanya.

Menurut dia, uji petik bisa dilakukan setiap kecamatan satu sekolah supaya bisa melihat kondisi anak-anak, karena sekarang ini yang agak dikhawatirkan adalah klaster anak sekolah.

Ia menyebutkan hingga saat ini hanya tinggal tiga sekolah di Kota Magelang yang siswanya belum divaksin, yakni SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 11.

"Nanti kalau sudah dapat droping vaksin, secepatnya anak-anak di ketiga sekolah tersebut akan segera divaksin," katanya.

Uploader : Angga Pramana