PON Papua - Atlet dayung Lampung jajal kano

id atlet lampung, kano, dayung

PON Papua - Atlet dayung Lampung jajal kano

Atlet dayung Lampung Andi Arison usai menjajal kano (ANTARA/HO)

Semua alat sama dan semua merasakan, jadi diharapkan Andi bisa menguasai dengan baik. Termasuk hembusan angin yang cukup kencang juga harus bisa diatasi, dan disiasati, ungkapnya

Papua (ANTARA) - Atlet dayung (canoeing) Lampung Andi Arison mulai mencoba alat kano untuk pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, di perairan Teluk Yotefa, Sabtu.

Andi yang didampingi pelatih R Wisnusubroto mencoba alat yang dipinjam dari panitia PB PON untuk diperbandingkan dengan alat yang dipergunakan sebelumnya.

"Ada beberapa kendala yang perlu penyesuaian kano yang akan dipergunakan untuk pertandingan resmi," kata tim monitoring dan evaluasi cabang olahraga dayung dan layar Lampung M Basri.

Baca juga: Lima atlet dayung Riau akan berlaga di PON terserang COVID-19

Menurutnya, peralatan yang dipergunakan oleh Andi saat mencoba venue dengan perahu yang lama tampaknya ada perbedaan karakter.

"Karakter perahunya berbeda. Yang model lama perahunya cukup stabil dalam kecepatan tertentu dan tidak masuk ke dalam air. Namun yang terbaru dirasakan lebih labil. Dan ini semua faktor kebiasaan saja mungkin," kata Basri.

Namun dia meminta atlet agar tetap semangat agar penyesuaian ini terus dilakukan sampai benar-benar mengetahui karakter kanonya.

Baca juga: PON Papua - Baseball Lampung menang atas Kaltim 6-2

"Semua alat sama dan semua merasakan, jadi diharapkan Andi bisa menguasai dengan baik. Termasuk hembusan angin yang cukup kencang juga harus bisa diatasi, dan disiasati," ungkapnya.

Andi akan turun di cabang dayung kano (canoeing) nomor K1 200 meter dan 1.000 meter yang akan dipertandingkan 27 September – 3 Oktober 2021.