Pemkab Bogor kerahkan pemuka agama tingkatkan minat warga ikut vaksinasi

id Vaksinasi massal mui, kabupaten bogor, jawa barat

Pemkab Bogor kerahkan pemuka agama tingkatkan minat warga ikut vaksinasi

Bupati Bogor, Ade Yasin saat peluncuran vaksinasi massal MUI di Pondok Pesantren Darussalam Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). ANTARA/M Fikri Setiawan

Ciomas, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui Satgas Penanganan COVID-19 mengerahkan pemuka agama dengan meluncurkan vaksinasi massal bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meningkatkan minat warga ikut vaksinasi COVID-19.

"Saya apresiasi langkah MUI Kabupaten Bogor dalam upaya membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Bogor, untuk capaian target 70 persen masyarakat Kabupaten Bogor tervaksin pada akhir tahun ini," ucap Bupati Bogor, Ade Yasin saat meluncurkan vaksinasi massal MUI di Pondok Pesantren Darussalam Ciomas, Bogor, Kamis.

Pasalnya capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor terbilang masih minim jika dibandingkan daerah lain di Jawa Barat, yakni 1,9 juta dosis atau 23,3 persen dari target 8,5 juta dosis.

Kabupaten Bogor bahkan ditarget oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan 100 ribu vaksinasi per hari, tapi hingga saat ini rata-rata baru 50 ribu warga Kabupaten Bogor divaksi dalam satu hari.

Ade Yasin yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor tetap optimistis dalam melakukan vaksinasi terhadap 70 persen jumlah penduduknya atau 4,2 juta jiwa, setara dengan kewajiban menyuntikkan 8,5 juta dosis vaksin di akhir tahun 2021.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji menyebutkan bahwa langkah MUI ini merupakan salah satu ikhtiar dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Bogor.

"Kita membantu percepatan Vaksinasi di Kabupaten Bogor sebagai ikhtiar menjaga agama, menjaga jiwa dan kesehatan umat dari paparan virus COVID-19," ujarnya.

Menurutnya, teknis percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh MUI Kabupaten Bogor yaitu mengerahkan pengurus MUI di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi.

"Kita contoh dari internal dahulu, kita melihat data di lapangan pengurus MUI Kecamatan dan Desa sudah melaksanakan semua vaksinasi. Untuk sekarang kita menyasar ke Ponpes dan lembaga pendidikan Islam, Ibtidaiyah Tsanawiyah dan Aliyah dan lainnya," tuturnya.

Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi di tempat yang sama mengapresiasi langkah MUI karena mau terlibat dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kabupaten Bogor.

"Saya berharap MUI Kabupaten Bogor bisa memberikan pemahaman dan mensosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan COVID-19 dan menjaga kesehatan komunal," katanya.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021