KAI Divre III Palembang sediakan layanan vaksinasi untuk calon penumpang

id KAI,PT KAI,KAI Palembang,kereta api

KAI Divre III Palembang sediakan layanan vaksinasi untuk calon penumpang

Arsip foto - Penumpang berjalan menuju gerbong KA Serelo sebelum keberangkatan di Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang, Sumsel, Kamis (24/9/2020). (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 untuk calon penumpang dengan kuota 10 orang per hari sebagai upaya mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok.

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Senin, mengatakan 10 dosis vaksin tersebut ditujukan untuk calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh, yakni KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa.

“Pemberian vaksin itu sebagai dukungan kami terhadap percepatan program vaksin dan kemudahan bagi penumpang,” kata Aida.

Aida mengatakan pemberian vaksinasi kepada penumpang ini untuk sementara dilaksanakan di Stasiun Kertapati bagi keberangkatan kereta api hari Senin sampai dengan hari Jumat.

Syaratnya, lanjut dia, bagi calon penumpang yang belum divaksin, cukup dengan melengkapi tiket kereta atau boarding pass dan hasil test antigen atau PCR yang masih berlaku.

Lantaran terbatasnya ketersediaan vaksin, ia menambahkan, PT KAI hanya memberikan 10 vaksinasi bagi 10 orang calon penumpang yang akan bepergian.

"Kami menyampaikan permohonan maaf belum bisa mengakomodir semua calon penumpang,” katanya.

Aida menambahkan sasaran utama dari pemberian vaksin adalah calon penumpang yang belum mendapatkan vaksin sama sekali, mengingat syarat untuk naik KA jarak jauh minimal vaksin tahap pertama.

Ia melanjutkan, dalam mendukung pencegahan penyebaran COVID-19, operasional KAI tetap komitmen dalam pelaksanaan protokol kesehatan, baik untuk penumpang maupun petugas di lapangan selama di stasiun maupun di dalam stasiun.

KAI mengikuti aturan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan 3M, baik selama di stasiun maupun dalam perjalanan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah dan hanya mengizinkan pelanggan yang sesuai persyaratan untuk naik kereta api.