Unila gelar vaksinasi dukung percepatan vaksinasi pemerintah

id COVID-19,Lampung,Bandarlampung,Polda,Vaksinasi,vaksinasi unila

Unila gelar vaksinasi dukung percepatan vaksinasi pemerintah

Pelaksanaan vaksinasi di Universitas Lampung (Unila). Kamis (16/9/2021). ANTARA/Dian Hadiyatna

Vaksin yang disiapkan sebanyak 4.000 dosis untuk vaksinasi dosis pertama
Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menggelar vaksinasi bagi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat umum sebagai bentuk dukungan pada Pemerintah untuk mencapai target vaksinasi.

"Vaksin yang disiapkan sebanyak 4.000 dosis untuk vaksinasi dosis pertama," kata Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena Unila langsung melibatkan para dokter muda dan dokter internship Fakultas Kedokteran Unila sebagai vaksinator.

"Mereka sebelumnya telah mengikuti pelatihan di sejumlah rumah sakit," kata dia.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan transisi dari Polda Lampung ke Unila, dan rencananya program serupa akan kembali diadakan pada hari Minggu (19/9) mendatang.

"Saya berharap semua mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkup unila dapat tervaksinasi, sehingga perkuliahan tatap muka segera terealisasi,” kata dia.

Asep mengatakan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi ini, Unila membagi ke tiga gedung agar tidak terjadi penumpukan, yakni di Gedung Serba Guna (GSG) sebanyak 2.240 dosis vaksin, Aula Fakultas Pertanian (FP) 800 dosis, dan sisanya di Gedung Ilmu Komputer (Ilkom) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Sebelum melakukan vaksinasi, calon peserta mendaftarkan diri melalui laman https://vaksin.unila.ac.id/ untuk proses pendataan dan barcode sebagai langkah verifikasi," kata dia.

Kabiddokes Polda Lampung Kombes Pol Andrian Bandarsyah mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi dosis pertama Unila, sebab secara teknis penyelenggaraan berlangsung lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Terlihat tidak terjadi penumpukan pada saat screening meskipun jumlah pesertanya banyak. Ini merupakan pencapaian luar biasa untuk pelaksanaan vaksinasi di Unila, khususnya Provinsi Lampung," kata dia.
Baca juga: Polda Lampung gelar lagi vaksinasi COVID-19 di GSG Unila
Baca juga: Mahasiswa Unila sambut baik vaksinasi massal COVID-19