Pemprov Lampung catat populasi ternak sapi Krui sebanyak 8.317 ekor

id Sapi Krui, peternakan Lampung, budidaya ternak lokal, Ekonomi lampung

Pemprov Lampung catat populasi ternak sapi Krui sebanyak 8.317 ekor

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung mencatat populasi ternak sapi Krui (jawi peghia) terus bertambah dan jumlahnya kini mencapai 8.317 ekor setelah digalakkan pembudidayaan sapi lokal tersebut.

"Untuk budi daya sapi Krui sebagai rumpun baru yang akan menjadi salah satu komoditas unggulan Lampung, data terakhir populasinya telah mencapai 8.317 ekor," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati, di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan 8.317 ekor tersebut terdiri dari 2.709 ekor sapi jantan dan 5.608 ekor sapi betina yang diternakkan di Kabupaten Pesisir Barat.

"Sapi ini akan dijadikan komoditas ternak lokal unggul seperti kambing Saburai. Saat ini kami telah ajukan ke kementerian, bila kondisi COVID-19 sudah mulai berkurang maka kami akan jemput bola untuk mengurus ke sana," katanya.

Menurutnya, populasi sapi Krui awalnya hanya ada 400 ekor yang tersebar di beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Barat, namun saat ini jumlahnya sudah mulai bertambah.

"Sapi Krui ini tersebar di Kabupaten Pesisir Barat, tepatnya ada di 11 kecamatan, dimana Kecamatan Pesisir Selatan memiliki populasi tertinggi dengan jumlah 618 ekor sapi jantan dan 1.804 ekor sapi betina," ujarnya.

Ia melanjutkan pembudidayaan sapi Krui itu terus digalakkan karena sapi ini memiliki karakteristik daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding sapi lainnya, sembari menunggu surat keputusan dari Kementerian Pertanian untuk penetapan sapi Krui sebagai rumpun asli Lampung.

Tercatat sebaran populasi sapi Krui di Kabupaten Pesisir Barat yakni di Kecamatan Lemong ada 473 ekor, Pesisir Utara ada 331 ekor.

Selanjutnya di Kecamatan ada Pulau Pisang 159 ekor, Karya Penggawa 574 ekor, Way Krui 314 ekor, Pesisir Tengah 599 ekor, Krui Selatan ada 1.028 ekor, Ngambur 942 ekor, Ngaras 496 ekor, dan Bangkunat 979 ekor.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021