Pemkot Depok fasilitasi pemasaran produk kerajinan IKM ke Eropa

id Depok

Pemkot Depok fasilitasi pemasaran produk kerajinan IKM ke Eropa

Gedung Dekranasda Depok (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat memfasilitasi pemasaran produk kerajinan (craft) dari 13 pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) ke pasar Eropa.

"Produk-produk yang diekspor ke luar negeri didominasi peralatan dekorasi rumah (home decor)," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, Zamrowi dalam keterangannya, Rabu.

Ia mengatakan pengiriman sejumlah produk ini bekerja sama dengan lembaga Indonesia In Your Hand. Hal tersebut juga membuktikan bahwa kualitas produk IKM Kota Depok sudah berstandar internasional.

"Berawal dari pelatihan ekspor dengan pembekalan teknis dan harapan, akhirnya terealisasi produk IKM Depok go internasional," katanya.

Zamrowi menyatakan produk yang diekspor pada pengiriman perdana senilai 45.000 dollar Australia atau setara Rp450 juta.

"Kami akan terus memfasilitasi pelaku IKM untuk meningkatkan skill dan kualitas produknya melalui pelatihan agar dapat bernilai jual tinggi," ujarnya.

Sementara itu Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo mengatakan pihaknya akan mengirim produk-produk milik IKM Kota Depok ke sejumlah negara. Yaitu Australia, Kota Helsinki Finlandia, dan Kota Amsterdam Belanda.

Ia mengatakan saat ini negara-negara tersebut sedang membutuhkan produk-produk untuk dekorasi rumah. Oleh karena itu, produk IKM Depok yang diekspor pun disesuaikan dengan kebutuhan.

"Produk ini akan kami pasarkan melalui offline dan online di luar negeri. Para pengerajin harus berani ikut mempromosikan di media sosialnya," katanya.

Uploader : Angga Pramana