Buntut Euro 2020, bek sayap Inggris Ben Chilwell terpuruk dan kehilangan tempat di Chelsea

id Ben Chilwell,Thomas Tuchel,Chelsea,Liga Inggris

Buntut Euro 2020, bek sayap Inggris Ben Chilwell terpuruk dan kehilangan tempat di Chelsea

Pemain sepak bola Chelsea Ben Chilwell berusaha mengendalikan bola saat bertanding melawan Arsenal dalam Liga Premier di Emirates Stadium, London, Britain, Sabtu (26/12/2020). Pool via REUTERS/Andrew Boyers/rwa/cfo (Pool via REUTERS/ANDREW BOYERS)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Chelsea Thomas Tuchel mengungkapkan bek sayap asal Inggris Ben Chilwell tengah berusaha melalui masa sulit setelah kecewa tidak pernah bermain bersama Inggris di ajang Euro 2020.

Dikutip dari Sky Sports, Selasa, Tuchel mengatakan kekecewaan Chilwell ini mempengaruhinya secara mental dan membuat pemain berusia 24 tahun itu tidak dapat menampilkan penampilan terbaiknya bersama Chelsea.

Setelah tampil selama 90 menit bersama Chelsea ketika berhasil menang atas Manchester City di final Liga Champions, Chilwell selanjutnya sama sekali tidak bermain untuk Inggris ketika berlaga di ajang Euro 2020.

Selain itu, baru-baru ini juga Chilwell tidak masuk dalam skuad Inggris ketika tampil pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berpengaruh pada mental bek sayap tersebut.

"Ya, itu tentu saja sulit untuk dia (Chilwell), dan saya pikir itu sangat normal. Dia datang dari kemenangan Liga Champions, 90 menit, penampilan yang kuat dan akhir musim yang bagus secara umum. Dia memainkan banyak menit untuk kami di berbagai pertandingan penting, di level tertinggi," ujar Tuchel.

"Lalu secara pribadi itu adalah Euro yang berat baginya, karena di sana ada kesempatan di mana dia bisa bermain. Saya tahu itu sulit, karena kamu merasa bagian dari tim, tapi kamu benar-benar tidak merasakan itu jika kamu tidak berkeringat di lapangan dan jika kamu tidak pernah mengenakan seragam. Itu perasaan yang aneh, juga untuk berlatih dalam empat atau lima minggu secara terus menerus," sambungnya.

Pelatih asal Jerman itu menjelaskan jika Chilwell mengalami kekecawaan yang besar karena hal itu dan membuat dirinya kelelahan secara mental.

Di waktu yang bersamaan, Chilwell juga harus kehilangan tempatnya di Chelsea karena Marcos Alonso menunjukan kualitas dan sikap yang bagus selama pramusim bersama The Blues.

"Dia sedang istirahat dan sulit baginya untuk benar-benar rileks dan menghilangkan kekecewaan ini dari pundaknya. Ketika dia tiba di sini, saya mereasa dia sedikit lelah secara mental, masih mengkhawatirkan situasinya.

"Pada saat yang sama, dia sangat tidak beruntung karena Marcos (Alonso) ada di sini sepanjang pramusim dan dia mengambil kesempatan ini dengan kualitas dan sikap yang luar biasa. Marcos sangat penting bagi kami sejak hari pertama latihan dan kemudain dia tampil di posisi Chilly," ujar Tuchel.

Pada musim ini Ben Chilwell sama sekali belum pernah mendapatkan kesempatan bermain untuk Chelsea pada empat pertandingan yang sudah dilalui The Blues di Liga Inggris.

Selama membela Chelsea sejak Agustus 2020, Chilwell tercatat berhasil menorehkan 42 penampilan serta menyumbangkan 4 gol dan 17 assist di berbagai ajang.