PT Audy Mandiri Indonesia-Dompet Dhuafa dorong kesembuhan pasien isoman dan dhuafa

id Dompet Dhuafa, PT. Audy Mandiri Indonesia-Dompet Dhuafa dorong kesembuhan pasien isoman dan dhuafa

PT Audy Mandiri Indonesia-Dompet Dhuafa dorong kesembuhan pasien isoman dan dhuafa

PT Audy Mandiri Indonesia-Dompet Dhuafa dorong kesembuhan pasien isoman dan dhuafa. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Beberapa warganya kesulitan mendapatkan akses makanan pokok selama isoman
Jakarta (ANTARA) - Tren kasus COVID-19 di Indonesia khususnya di Jakarta menunjukkan penurunan. Namun, gerakan-gerakan kemanusiaan untuk saling membantu satu sama lain tidak berhenti begitu saja. Masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dalam menjalani isolasi mandiri (isoman) maupun bertahan hidup sehari-hari.

Seperti yang dilakukan PT Audy Mandiri Indonesia (Audy Dental Clinic) bersama dengan Dompet Dhuafa (DD) berkolaborasi untuk menghadirkan dapur umum di Jl Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur pada Senin (30/8).

Dapur umum tersebut menyiapkan sebanyak 211 paket makanan siap saji yang dibagikan kepada masyarakat di beberapa kelurahan.

Pasien isoman, pedagang kecil, hingga masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 menjadi sasaran utama dalam pendistribusian paket makanan tersebut. 

Ketua RW 10, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur menuturkan beberapa warganya kesulitan mendapatkan akses makanan pokok selama isoman, dan mereka hanya mengandalkan bantuan dari para tetangga setiap hari.

“Di sini ada beberapa yang isoman tersebar di beberapa RT di wilayah RW 10, kadang kita sering periksa kondisinya apakah kebutuhan sehari-harinya terpenuhi atau tidak. Dengan adanya bantuan ini saya berterima kasih, semoga warga saya yang sedang isoman jadi lebih cepat sembuh,” ujarnya.

Priyanto Saputro selaku koordinator armada Dapur Keliling (Darling) Dompet Dhuafa turut menjelaskan proses pengolahan bahan makanan dilakukan di hari yang sama, dan langsung didistribusikan guna menjaga kehangatan dan nutrisi dalam makanan tersebut.

Pemilihan lokasi juga berdasarkan data laporan kenaikan kasus positif di wilayah Jakarta Timur.

“Kami menyiapkan 211 paket makanan yang kami masak langsung dengan Darling untuk tetap menjaga kehangatan makanan dan tidak merusak nutrisi untuk para pasien isoman. Pemilihan lokasi juga berdasarkan data terbaru yang kami terima dari tim kesehatan, agar tidak lagi terjadi lonjakan kasus seperti beberapa pekan sebelumnya,” ujar Priyanto.

Dia menyatakan Dompet Dhuafa sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para donatur khususnya saat ini PT Audy Mandiri Indonesia yang menunjukkan aksi nyata dalam usaha membantu masyarakat keluar dari pandemi COVID-19. 

Ke depannya diharapkan kolaborasi ini lebih berkembang lagi dan memantik seluruh elemen masyarakat lainnya untuk berbuat baik dengan sesama, ujar Vini Hidayani selaku penanggung jawab kegiatan tersebut.


TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: DMC Dompet Dhuafa bangun jembatan darurat hingga dapur umum Respons Banjir Bogor
Baca juga: Dompet Dhuafa Waspada gulirkan bantuan bagi sekolah anak berkebutuhan khusus