Dinkes Lampung minta warga isoman lakukan isolasi ke isoter

id Corona Lampung, optimalisasi isoter, COVID Lampung

Dinkes Lampung minta warga isoman lakukan isolasi ke isoter

KM Lawit salah satu tempat isolasi terapung yang disediakan bagi warga yang terpapar COVID-19 Asimtomatis di Lampung. ANTARA/HO-Diskominfo Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung meminta warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) dapat melakukan isolasi ke sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter) yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

"Sudah ada imbauan yang diberikan kepada kabupaten dan kota untuk membawa warganya yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan dipindahkannya warga yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat dilakukan agar perkembangan kesehatan warga terpapar COVID-19 dapat terpantau dengan baik.

"Kalau di isolasi terpusat sudah ada tenaga kesehatan yang berjaga, jadi perkembangan warga yang terpapar COVID-19 bisa terpantau dan bisa mendapatkan penanganan dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan dalam upaya membujuk warga yang terpapar COVID-19 agar bersedia di bawa ke isolasi terpusat peran Puskesmas untuk mencatat dan mengarahkan warga sangatlah besar.

"Kunci utama di Puskesmas karena yang dekat dengan warga, mereka memiliki peranan penting untuk memberi info serta mengarahkan warga yang sedang isoman," ucapnya.

Menurutnya, tempat isolasi terpusat tidak hanya disediakan bagi warga yang terpapar dengan gejala berat namun juga diperuntukkan untuk warga yang rumahnya tidak memungkinkan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

"Di sejumlah daerah telah disediakan isoter seperti Kabupaten Lampung Selatan menyediakan rusunawa, Pringsewu ada tempat khusus juga, lalu ada KM Lawit, dan banyak lagi tempat yang sudah disediakan untuk ini," ujarnya lagi.

Reihana melanjutkan saat ini pihaknya juga tengah bekerja sama dengan TNI/Polri melalui aplikasi 'Si Lacak' untuk mengidentifikasi warga yang masih melakukan isolasi mandiri.

Optimalisasi penggunaan tempat isolasi terpusat di Lampung juga telah diperintahkan secara langsung oleh Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Lampung beberapa lalu. Optimalisasi isoter tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko kematian akibat COVID-19 serta mencegah adanya penyebaran virus Corona antaranggota keluarga.