Polda dan Kanwil Kemenkumham Sumsel bahas masalah tahanan masa pandemi

id Polda Sumsel, Sumsel, Sumatra Selatan

Polda dan Kanwil Kemenkumham Sumsel bahas masalah tahanan masa pandemi

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Toni Harmanto bersilaturahmi dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko di Palembang, Kamis (9/9). (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pejabat Polda Sumatera Selatan membahas masalah penempatan tahanan bersama pejabat Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di masa pandemi COVID-19 agar tidak menjadi klaster baru penularan virus corona jenis baru itu.

Pembahasan masalah tahanan itu dilakukan Kapolda Sumsel, Irjen Pol. Toni Harmanto ketika melakukan silaturahmi dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko di Palembang, Kamis.

Kapolda pada kesempatan itu mengatakan akan melanjutkan kerja sama dengan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan) melalui Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk bersinergi dalam penegakan hukum dan tahanan dalam situasi pandemi COVID-19.

Pengaturan penempatan tahanan dalam proses penyidikan hingga ada keputusan hukum tetap dari Pengadilan diharapkan dapat dilakukan dengan baik sehingga dapat dicegah terjadinya penularan COVID-19 bagi tahanan, anggota kepolisian dan petugas lapas/rutan.

Selain itu, Kapolda juga berupaya meningkatkan kerja sama dalam pembinaan hukum masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi hukum serta berpartisipasi dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko, sebagai orang baru berupaya menjaga hubungan baik yang telah terjalin bersama pejabat lama Irjen Pol.Eko Indra Heri yang kini menjabat Koorsahli Kapolri," ujar mantan Kapolda Sumatera Barat itu
.
Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko pada kesempatan itu mengatakan pihanya bersama jajaran yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat siap bersinergi dengan jajaran Polda Sumsel dalam penegakan hukum dan pembinaan kamtibmas.

Dalam pertemuan dengan Kapolda Sumsel yang baru beberapa hari bertugas itu, Kakanwil Indro menjelaskan secara singkat tentang struktur organisasi, tugas dan fungsi, hingga peran strategis unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan dan imigrasi.

Dengan sinergisitas yang baik diharapkan seluruh tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada pihaknya dan jajaran Polda Sumsel dapat berjalan sesuai dengan ketentuan, ujar Indro.