Pemkot Makassar dan USAID bahas pengelolaan air limbah domestik

id Pemkot Makassar, Makassar, usaid

Pemkot Makassar dan USAID bahas pengelolaan air limbah domestik

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat bertemu dengan perwakilan USAID IUWASH PLUS membahas pembentukan BLUD dalam pengelolaan air limbah domestik. ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Peningkatan BLUD luar biasa pelayanannya dan persiapan satu tim, nanti kita kaji tanggung jawab dan buat perkuatan dan perlu disosialisasikan di tengah masyarakat terang Danny
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar bersama USAID IUWASH PLUS saat ini sedang melakukan pendampingan kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar dalam mengelola air limbah daerah.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis, mengatakan, salah satu permasalahan di kota besar adalah air limbah dan bagaimana mengelolanya dengan baik.

"Yang pertama yang akan kita maksimalkan yakni peningkatan status UPTD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) di bawah naungan Dinas PU," ujarnya.

Danny Pomanto menyambut baik maksud USAID IUWASH PLUS yang akan memberikan pendampingan dalam peningkatan status UPTD PAL menjadi BLUD PALD.

Bahkan dirinya berharap jika pembangunan Kota Makassar bisa selalu progresifnya.Namun hal tersebut juga jangan sampai membebani masyarakat.

"Peningkatan BLUD luar biasa pelayanannya dan persiapan satu tim, nanti kita kaji tanggung jawab dan buat perkuatan dan perlu disosialisasikan di tengah masyarakat " terang Danny.

Pembimbing pembentukan BLUD dari USAID IUWASH PLUS Selviana Hehanusa saat bertemu wali kota untuk menyampaikan perihal pendampingan USAID IUWASH PLUS, tentang pembentukan badan layanan umum pengelolaan air limbah domestik di kota Makassar.

Menurut Selviana, Makassar merupakan satu dari tiga kota yang didampinginya untuk menjadi BLUD UPTD.

"UPTD sudah cukup lama dan kami ingin peningkatan menjadi BLUD, agar dapat lebih fokus untuk mengelola air limbah domestik di:kota Makassar, apalagi dengan pembangunan IPAL losari, serta ada peningkatan operasional IPLT Nipa Nipa tentunya akan lebih baik jika dikelola BLUD," ucapnya.