PSSI resmikan tiga asisten pelatih anyar timnas

id timnas indonesia,pssi,shin taeyong,skuad garuda

PSSI resmikan tiga asisten pelatih anyar timnas

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) saat menghadiri pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

Jakarta (ANTARA) - PSSI meresmikan tiga asisten pelatih anyar tim nasional Indonesia untuk mendampingi pelatih kepala asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin, ketiga nama tersebut sesuai dengan usulan Shin yaitu Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu dan Dzenan Radoncic.

Pengesahan sendiri dilakukan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Senin (6/9), yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Melalui rapat Komite Eksekutif, PSSI menyetujui permintaan Shin Tae-yong terkait asisten pelatih. Mereka mempunyai kualitas yang bagus dan kami berharap dapat membantu Shin Tae-yong dengan baik," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

PSSI, Yunus melanjutkan, juga menginginkan ketiga asisten pelatih tersebut berbagi ilmu kepada para pelatih lokal.

Pria asal Gorontalo tersebut memastikan pula mereka akan segera didatangkan ke Indonesia untuk segera bekerja.

"Selain itu, kami ingin tiga asisten pelatih ini dapat memberikan transfer ilmu kepada asisten pelatih lokal dan pemain demi prestasi timnas Indonesia nantinya. PSSI akan bergerak cepat untuk mendatangkan tiga asisten pelatih ini ke Indonesia agar segera bisa melatih dan melakukan proses tanda tangan kontrak," tutur Yunus.

Sampai mereka datang, Shin Tae-yong sementara didampingi oleh asisten pelatih Choi In-cheol, Nova Arianto, Alex Aldha dan Sahari Gultom.

Terkait tiga asisten pelatih baru itu, mereka merupakan orang-orang yang sarat pengalaman di lapangan hijau.

Kim Bong-soo sendiri merupakan pelatih kiper yang sudah menangani klub profesional di Korea Selatan sejak tahun 2000.

Sebagai pemain, pria berusia 50 tahun itu beberapa kali tampil untuk timnas Korsel dan sempat berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 1998.

Sementara Shin Sang-gyu adalah pelatih fisik yang baru berusia 35 tahun. Sebelum diusulkan ke timnas Indonesia, Shin mengabdi di klub China, Chengdu Rongcheng.

Lalu, Dzenan Radoncic berstatus sebagai eks penyerang klub Liga Korea Selatan, Seongnam FC. Di sana, pria berumur 38 tahun asal Montenegro tersebut dilatih oleh Shin Tae-yong.

Radoncic pun membantu Seongnam menjuarai Liga Champions Asia tahun 2010.

Terdekat, timnas Indonesia akan menjalani laga "play-off" Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada Oktober 2021.

PSSI menargetkan skuad Garuda lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.