1.970 nakes di Kendari sudah divaksin dosis tiga

id Dinkes, 1.970, nakes, kendari, sudah, divaksinasi, dosis, tiga

1.970 nakes di Kendari sudah divaksin dosis tiga

Dokumen - Kepala Dinkes Kendari Rahminingrum (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mencatat sebanyak 1.970 tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu telah disuntik vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Kepala Dinkes Kendari Rahminingrum melalui pesan WhatsAppnya di Kendari, Minggu malam, mengatakan sasaran vaksinasi COVID-19 bagi nakes di kota itu tercatat sebanyak 4.151 orang.

"Pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan saat ini sudah dilakukan kepada 1.970 orang atau 47,46 persen dari sasaran," kata dia.

Sementara pemberian vaksin reguler (Sinovac) dosis satu tercatat 5.555 orang atau 133,82 persen dari sasaran, lalu dosis kedua mencapai 5.037 orang atau 121,34 persen dari jumlah sasaran.

Rahminingrum menjelaskan, pemberian vaksin dosis ketiga penting dilakukan apalagi vaksin yang diberikan merupakan salah satu jenis vaksin terbaik yakni Moderna.

Menurutnya, vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 buatan Moderna pada tenaga kesehatan dengan platform mRNA dan nukleosida yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2.

Oleh karena itu, Rahminingrum memastikan, semua nakes di daerah itu akan mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

"Untuk pelayanan vaksin booster, kami membuka pelayanan setiap hari di pelataran Kantor Dinkes Kendari. Oleh karena itu, kami berharap penuh kepada nakes untuk berpartisipasi menyukseskan pemberian dosis ketiga ini," kata Rahminingrum menambahkan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik pemberian vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatan sebab menurutnya dapat menambah imun tubuh dalam rangka melindungi mereka dari penularan wabah COVID-19

"Mereka (nakes) sangat berpotensi tertular COVID-19 karena berinteraksi dan kontak langsung dengan pasien pada layanan kesehatan, sehingga pemberian vaksin dosis ketiga itu sangat penting," kata Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.