Dompet Dhuafa salurkan donasi tabung oksigen dan masker KN95 untuk I.E.A Bogor

id penyintas COVID-19, Dompet Dhuafa salurkan donasi tabung oksigen, masker KN95 untuk I.E.A Bogor

Dompet Dhuafa salurkan donasi tabung oksigen dan masker KN95 untuk I.E.A Bogor

Tingkatkan penanganan penyintas COVID-19, Dompet Dhuafa salurkan donasi tabung oksigen dan masker KN95 untuk I.E.A Bogor. Foto Dompet Dhuafa

Ini merupakan bentuk kolaborasi kebaikan untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia. Semoga kebaikan ini terus tersebar seluas-luasnya, kata Vini
Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Kenaikan kasus positif COVID-19 untuk kedua kalinya di Indonesia menggerakkan berbagai kelompok masyarakat untuk membantu penanganan pasien terinfeksi. Seperti yang dilakukan Indonesian Escorting Ambulance (I.E.A), komunitas relawan ambulan untuk masyarakat membutuhkan dengan berbagai layanan kesehatan lainnya.

Namun disisi lain, komunitas yang sudah berdiri sejak tahun 2018 ini memiliki beberapa keterbatasan peralatan emergency seperti tabung oksigen yang sangat dibutuhkan untuk menangani pasien terinfeksi COVID-19. 

Menyambut semangat saling menolong, Dompet Dhuafa menyalurkan 8 tabung oksigen beserta regulator dan 27 box masker KN95 untuk melindungi relawan dalam menolong pasien.

Tabung oksigen dan masker tersebut merupakan donasi yang dikumpulkan melalui kegiatan kelas online desain grafis ‘One 4 All 4 One’. Biaya pendaftaran dari para peserta disalurkan melalui Dompet Dhuafa untuk selanjutnya didistribusikan dalam bentuk tabung oksigen dan alat pelindung diri untuk penanganan pandemi COVID-19.

Baca juga: Dompet Dhuafa bersama RSUD Cipayung dirikan RS Lapangan untuk UGD

Heri, salah satu anggota I.E.A wilayah Bogor pada Jumat (27/08/2021) menjelaskan keterbatasan saat diminta merespon pertolongan pasien COVID-19.

Keterbatasan perlengkapan pendukung membuat menurunnya kecepatan mereka dalam merespon pasien yang membutuhkan bantuan, bahkan walaupun di depan sekretariat mereka terdapat depot pengisian tabung oksigen bukan berarti mudah mendapatkannya.

“Ini di depan ada depot pengisian tabung oksigen, walaupun begitu kami juga harus mengantri dengan masyarakat lainnya untuk mendapatkan tabung oksigen selama melakukan respon pasien. Maka dari itu, mungkin jika kita punya stok tabung oksigen lebih banyak bisa lebih cepat lagi merespon pasien COVID-19,”  jelas Heri saat dijumpai di wilayah Bogor.

Selanjutnya, Syahrun selaku Kordinator Wilayah I.E.A Bogor Raya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu pengadaan tabung oksigen untuk komunitasnya. 

Ini merupakan program kerja I.E.A yang sampai sekarang belum sempat terealisasikan, berkat bantuan ini program kerja mereka akhirnya terlaksana.

Baca juga: Ayo galakkan zakat produktif, bantu peternak kecil berdaya

“Terima kasih banyak untuk seluruh donatur dan terimakasih juga untuk Dompet Dhuafa yang sudah menghadirkan tabung oksigen untuk mensupport kami melakukan pertolongan pasien. Ini program kerja kami yang belum terlaksana, namun dengan adanya donasi ini program kerja kami menjadi kenyataan,” ujar Syahrun.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi akan terus menjaga kepercayaan dari para donatur dalam menyalurkan donasi kepada para penerima manfaat yang berhak.

"Ini merupakan bentuk kolaborasi kebaikan untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia. Semoga kebaikan ini terus tersebar seluas-luasnya,” ucap Vini Hidayani selaku penanggungjawab kegiatan tersebut.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.