Pertamina imbau masyarakat beli elpiji 3 kg di pangkalan resmi

id elpiji, agen resmi, pertamina

Pertamina imbau masyarakat beli elpiji 3 kg di pangkalan resmi

Ilustrasi sidak elpiji (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel mengimbau masyarakat  membeli elpiji 3 kg bersubsidi di pangkalan resmi dengan harga sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). 

Hal itu  terungkap dalam kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pangkalan di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara dan wilayah sekitarnya, Senin.

Kegiatan sidak ini langsung dipimpin oleh Sales Branch Manager (SBM) Rayon IV Sumsel Babel, Ahad Jabbar Syaifullah dan tim.

"Untuk memastikan harga sesuai dengan HET, kami melakukan pengecekan ke sejumlah Pangkalan," ujar Ahad.

Ahad mengimbau  agar masyarakat melakukan pembelian di Pangkalan resmi sehingga bisa memperoleh tabung elpiji subsidi 3 kg dengan harga sesuai yang telah ditetapkan, untuk HET di Muratara yaitu sebesar Rp18.050,- per tabung.

Sebagai jalur distribusi resmi Pertamina, pangkalan selalu dimonitor untuk stok serta penjualannya. Untuk ketersediaan elpiji di Kabupaten Muratara sendiri, disalurkan melalui 2 Agen LPG PSO dan 87 Pangkalan resmi yang melayani kebutuhan masyarakat, Pertamina akan terus melakukan pemantauan untuk stok dan penyalurannya. 

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, kegiatan sidak ini digencarkan Pertamina agar penyaluran elpiji subsidi 3 kg tepat sasaran dengan harga sesuai HET, sambil terus mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Sesuai dengan peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyaluran dan Pendistribusian LPG, bahwa fungsi pengawasan Pertamina sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk menyalurkan elpiji bersubsidi, adalah mulai dari agen hingga pangkalan. Artinya, titik terakhir pendistribusian adalah di pangkalan, bukan di pengecer atau warung.

"Memang masyarakat kami arahkan untuk membeli elpiji subsidi 3 kg di pangkalan terdekat karena kami pastikan stok di pangkalan masih tersedia tanpa harus melakukan pembelian dengan jumlah besar. Selain itu, di pangkalan kami pastikan harganya sesuai dengan HET yang ditentukan pemerintah daerah," tambah Umar.

Ciri-ciri pangkalan elpiji resmi Pertamina adalah adanya plang warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan HET, serta menyebutkan kontak pangkalan serta Call Center Pertamina 135. 

Pertamina melakukan SIDAK ke Pangkalan secara berkala. "Ini untuk mengantisipasi agar elpiji 3 kg Bersubsidi sesuai dengan peruntukannya dan tentunya berdasarkan harga sesuai HET," tutup Umar.