"Aku beruntung," kata sutradara Afghanistan Shahrbanoo Sadat, setelah berhasil kabur

id Shahrbanoo Sadat,Afghanistan,sutradara Afghanistan

"Aku beruntung," kata sutradara Afghanistan Shahrbanoo Sadat, setelah berhasil kabur

Sutradara Shahrbanoo Sadat (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Beberapa jam sebelum Taliban mengambil alih Kabul, sutradara Shahrbanoo Sadat ditawari untuk meninggalkan Afghanistan. Dia menolak karena tidak mau meninggalkan keluarganya. Keesokan harinya, Shahrbanoo Sadat pergi ke bank.

"(Tiba-tiba) kami lihat mobil Taliban dengan bendera putih...dan... kami berlari," kata Sadat kepada Reuters. "Dan bagi saya itu seperti adegan dalam film yang tidak mungkin nyata karena saya di tengah Kabul."

Ditemani sembilan anggota keluarga, Sadat kemudian bertolak ke bandara Kabul. Mereka tiba di Paris awal pekan ini.

"Saya beruntung tapi situasi ini tidak terjadi untuk banyak orang," katanya, merujuk kepada orang-orang yang terjebak di bandara. "Mereka tidak bisa bahasa Inggris, mereka bukan sutradara, mereka tidak punya teman internasional dan hidup mereka dalam bahaya."

Sadat butuh 72 jam untuk meninggalkan apartemen dan bertemu dengan pasukan Prancis di bandara Kabul, di mana dia bermalam di kamp sebelum terbang ke Abu Dhabi.

Dia mendeskripsikan suasana ricuh saat antre di luar bandara.

"(Taliban) ingin (orang antre) tapi tidak mungkin karena orang-orang mendorong dari sana-sini dan Taliban berjalan sambil membawa kabel, senjata dan bahkan RPG (granat berpeluncur roket)," katanya.

"Anak-anak menangis dan orang tua pingsan... karena panas sekali."

Tidak kuat dengan panas dan lambatnya antrean, dia hampir menyerah, tapi saudarinya terus menyemangati. Sadat mengatakan dia melihat pria-pria, termasuk ayahnya, dipisahkan dari rombongan.

Sadat berusaha manghalangi itu. Dia mengatakan anggota Taliban agresif terhadap laki-laki, tapi tidak menyentuh perempuan.

"Dia membiarkan kami pergi."

Bandara Kabul dipadati warga Afghanistan yang ingin dievakuasi menyusul pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.

Taliban telah berusaha meyakinkan orang di bandara Kabul bahwa mereka tidak perlu takut dan harus pulang.

Sadat, yang lahir di Iran dan pindah ke Afghanistan pada Desember 2021, sedang mengerjakan komedi romantis sebelum kabur.

"Saya merasa campur aduk.. Saya tidak mengerti ini. Semua terjadi begitu cepat," kata Sadat yang biasa membuat film dengan tema kehidupan biasa.

"Saya ingin terus membuat film tapi mungkin sudut pandang saya berubah," katanya yang mengaku tak bisa lagi mengabaikan politik karena sangat terluka karenanya.