Di tengah pandemi, Institut Kemandirian DD, ciptakan tenaga ahli dan peluang usaha masyarakat Pujon

id Dompet Dhuafa, Di tengah pandemiCOVID-19, Institut Kemandirian Dompet Dhuafa ciptakan tenaga ahli dan peluang usaha, masyarakat Pujon

Di tengah pandemi, Institut Kemandirian DD, ciptakan tenaga ahli dan peluang usaha masyarakat Pujon

Di tengah pandemi COVID-19, Institut Kemandirian DD, ciptakan tenaga ahli dan peluang usaha masyarakat Pujon. Foto Istimewa

Jawa Timur (ANTARA) - Di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda, pukulan terberat adalah lapangan kerja, banyak perusahaan besar mengurangi jumlah pekerjanya sementara tingkat lulusan baru tidak terbendung besarnya. 

Kehadiran Institut Kemandirian Dompet Dhuafa (IK DD) dengan menggelar kegiatan On the Job Training (OJT) yang berlokasi di Yayasan Bumi Maringi Peni Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 27-29 Agustus 2021 merupakan bagian unjuk kemampuan keterampilan peserta pelatihan dan media pengabdian peserta kepada masyarakat melalui pelayanan publik disekitar tempat pelatihan, serta memberikan akses lapangan kerja bagi para masyarakat setempat.

“Konsep OJT kali ini memang sedikit berbeda dengan biasanya, yaitu kita membagikan kuota 200 kupon layanan kepada masyarakat sebelum hari pelaksanaan dan menjadwalkan layanan kedatangan warga. 

200 kupon ini terdiri dari 100 kupon layanan dari pelatihan menjahit, 50 kupon layanan dari pelatihan otomotif sepeda motor dan 50 kupon layanan pangkas rambut,"Jelas Akhmad Zaenudin selaku Manager Program Institut Kemandirian Dompet Dhuafa.

Konsep yang dilakukan menurutnya agar tidak terjadi kerumunan dan mengurangi terjadinya penularan COVID-19 di wilayah tersebut.

Kehadiran kegiatan ini merupakan sinergi Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur dan Pondok Pesantren Fathussalaam pada program peningkatan keterampilan untuk memunculkan talenta-talenta yang mandiri, yang sebelumnya telah selesai di tanggal 26 Agustus 2021.

Dibuka dengan layanan servis sepeda motor pukul 14.00 WIB, Jumat, 27 Agustus 2021.

Rencananya OJT ini  akan berlanjut hingga Minggu ini, 29 Agustus 2021 dengan layanan pangkas rambut serta layanan permak dan jahit pakaian. 

Di hari pertama dan hari kedua (OJT) On The job Training,  peserta didik Institut Kemandirian berhasil melayani lebih dari  78 orang dari berbagai layanan. 

Kegiatan On The Job Training diikuti oleh 43 orang terdiri dari 10 peserta pelatihan otomotif sepeda motor, 21 peserta pelatihan menjahit, 6 peserta pelatihan pangkas rambut dan 5 orang Instruktur serta 1 pendamping Program. 

Kegiatan ini diwajibkan kepada seluruh peserta pelatihan keterampilan Institut Kemandirian di akhir masa pembelajaran sebagai uji kompetensi dan mental peserta.

Sriani salah satu masyarakat setempat mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

Dirinya bisa mendapatkan layanan gratis untuk memotong pakaian serta mengecilkan gamis di bagian lengan yang dimilikinya, ucap Sriani salah satu penerima manfaat yang mendapatkan pelatihan dan OJT dari Institut Kemandirian DD.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.