Satgas Covid-19 di Balikpapan targetkan vaksinasi 68.000 pelajar

id Satgas ,Balikpapan,Vaksinasi,Pelajar

Satgas Covid-19 di Balikpapan targetkan vaksinasi 68.000 pelajar

Para siswa SMAN 6 Balikpapan menampilkan sertifikat vaksinasi yang mereka terima dari Tim Vaksinator Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kamis 26/8/21. (novi abdi/Antara)

Kalimantan Timur (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Balikpapan, Kalimantan Barat menargetkan 68 ribu pelajar di seluruh tingkatan sekolah akan divaksin.

Saat ini sudah kita vaksin 3.700 pelajar, atau 5,5 persen dari target, kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, Kamis.

Pelaksana vaksinasi pelajar adalah tim vaksinator dari Puskesmas kecamatan di mana sekolah tersebut berlokasi. Ada 27 Puskesmas yang mengirimkan tim ke sekolah-sekolah dari Kamis hingga Sabtu 28/8. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Dari setiap sekolah divaksin 100 anak per hari, atau lebih kurang 250-300 anak dalam 3 hari penyelenggaraan awal ini.

"Kami mendatangi sekolah-sekolah selain untuk vaksinasi juga untuk melihat kondisi lingkungan sekolah dan melihat kondisi kesehatan anak-anak dengan lebih detail, papar Kadinkes.

Vaksinasi pelajar ini diharapkan menambah persentase jumlah warga Balikpapan yang sudah divaksin sehingga kekebalan kelompok atau herd community bisa lebih cepat dicapai.

Menurut dr Juliarty, saat ini persentase warga yang sudah divaksin adalah 29 persen dari 600 ribu warga Kota Minyak. Dengan kecepatan vaksin yang ada sekarang, diharapkan herd immunity akan tercapai di Balikpapan pada Desember nanti.

"Kami optimis target kekebalan kelompok yang mencapai 80 persen akan tercapai pada Desember mendatang, apalagi saat ini makin banyak vaksin yang dikirimkan dari pusat," kata Kadinkes.

Pada saat yang sama, vaksinasi juga terus berlangsung di Dome. Pada Kamis ini divaksin 2.500 warga yang mendaftar melalui laman vaksinasi.balikpapan.go.id, di mana hanya warga yang berusia 18 tahun ke atas yang menerima. Untuk kesempatan ini, Satgas COVID-19 Balikpapan menggunakan vaksin Moderna.

Vaksin Moderna juga yang digunakan sebagai vaksin booster atau penguat tambahan bagi para tenaga kesehatan. ***

Uploader : Angga Pramana