Walau kalah 1-2 di markas AZ, Celtic tetap lolos ke fase grup Europa

id liga europa,celtic,az alkmaar,playoff liga europa,liga conference,galatasaray,rapid wien,red star belgrade,olympiakos,ra

Walau kalah 1-2 di markas AZ, Celtic tetap lolos ke fase grup Europa

Bek sayap Celtic Anthony Ralston (kiri) berusaha membayangi pergerakan penyerang AZ Alkmaar Jesper Karlsson dalam pertandingan leg kedua playoff Liga Europa di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Kamis (26/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Ed van de Pol)

Jakarta (ANTARA) - Celtic tetap lolos ke fase grup Liga Europa musim ini walaupun menelan kekalahan 1-2 di markas AZ Alkmaar dalam pertandingan leg kedua playoff di Stadion AFA, Belanda, Kamis waktu setempat (jumat WIB).

Bintang baru Celtic asal Jepang, Kyofo Furuhashi, membawa klub Skotlandia itu memimpin saat pertandingan baru berusia tiga menit lewat penyelesaiannya atas umpan Liel Abada.

Namun tiga menit berselang tuan rumah menyamakan kedudukan melalui Zakaria Aboukhlal.

Pada menit ke-26, AZ berbalik unggul 2-1 saat bek Celtic Carl Starfelt mencetak gol bunuh diri dalam situasi bola mati.

Sayangnya, AZ gagal memanfaatkan momentum yang ada dan skor 2-1 tak berubah hingga bubaran.

Walhasil Celtic berhak lolos ke fase grup Liga Europa dengan keunggulan agregat 3-2 atas AZ, sementara klub Belanda itu hanya ambil bagian dalam fase grup Liga Conference, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Galatasary menang 2-1 atas Randers di Stadion Recep Tayyip Erdogan, Istanbul, Turki.

Galatasaray lolos ke fase grup Liga Europa setelah meraih keunggulan agregat 3-2 atas Randers, sementara klub Denmark itu untuk pertama kalinya akan kembali ke babak utama kompetisi UEFA sejak 2006/07 saat main di Liga Conference nanti.

Klub Austria Rapid Wien memantapkan agregat jadi 6-2 atas Zorya Luhansk setelah menang 3-2 dalam leg kedua di Ukraina. Rapid ke fase grup Liga Europa, Zorya ke Liga Conference.

Red Star Belgrade dari Serbia juga lolos ke fase grup Liga Europa setelah menang 2-1 di Rumania atas CFR Cluj, demi memantapkan keunggulan agregat 6-1. Cluj nantinya hanya main di fase grup Liga Conference.

Sedangkan tim Yunani Olympiakos mampu menahan imbang tuan rumah Slovan Brastislava 2-2 di Slowakia untuk melangkah ke fase grup Liga Europa, sedangkan lawannya turun main di fase grup Liga Conference.

Pengundian grup Liga Europa dan Liga Conference dijadwalkan berlangsung berurutan pada Kamis petang nanti di Istanbul, Turki.