Desa Sekapuk Gresik masuk 300 desa terbaik ADWI 2021 digelar Kemenparekraf

id Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Desa Setigi, Wisata Setigi,desa wisata

Desa Sekapuk Gresik masuk 300 desa terbaik ADWI 2021 digelar Kemenparekraf

Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim (ANTARA/Abdul Malik Ibrahim)

Alhamdulillah, Wisata Desa Sekapuk masuk dalam 300 Besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021
Gresik, Jatim (ANTARA) - Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jatim masuk dalam 300 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, dan menyisihkan 1.831 desa se-Indonesia di 34 provinsi.

Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim dikonfirmasi di Gresik, Jumat mengaku bersyukur atas apresiasi Kemenparekraf RI, dan merupakan prestasi membanggakan di tengah pandemi COVID-19, setelah sebelumnya menyabet Juara 1 Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021.

"Alhamdulillah, Wisata Desa Sekapuk masuk dalam 300 Besar Desa Wisata pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Semoga lolos grand final dan jadi juara," kata Abdul Halim atau biasa disapa Ki Begawan Setigi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Gresik, H Sinaga mengapresiasi lolosnya Desa Sekapuk, dan berharap menjadi awal kejayaan kepariwisataan Kabupaten Gresik.

Sinaga bertekad, akan lebih semangat mengembangkan wilayah desa yang tersebar di Gresik menjadi desa wisata, sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan warganya.

"Kreatif, inovatif, guyub rukun dan gotong royong menjadi salah satu modal awal untuk menghadirkan desa wisata," kata Sinaga.

Sementara itu, kata Sinaga, ada 3 desa di Kabupaten Gresik yang lolos best of the best 300 besar di ajang ADWI 2021, masing-masing Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah, dan Desa/Kelurahan Sidokumpul Kampung Kreasi.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, ADWI 2021 bertujuan mewujudkan desa wisata yang berdaya saing, berkelanjutan dan berkelas dunia untuk Indonesia Bangkit.

Sedangkan desa yang terpilih didapat setelah melewati serangkaian tahap kurasi dan penilaian dari dewan kurator.

"Tetap semangat bagi yang belum terpilih, jangan berhenti berinovasi dan tingkatkan kolaborasi," kata Sandiaga.
Baca juga: Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong kembangkan wisata "glamping"
Baca juga: Desa Wisata Mangrove Luppung di Bulukumba Sulsel mampu tangkal abrasi