130 CPMI Lampung divaksinasi COVID-19

id Vaksinasi,COVID-19,BP2MI,CPMI,Lampung

130 CPMI Lampung divaksinasi COVID-19

Petugas kesehatan sedang melakukan vaksinasi kepada calon pekerja imigran Indonesia (CPMI) Lampung. Kamis, (5/8/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Pelaksanaan vaksinasi di kantor BP2MI ini karena selama ini di beberapa UPT minta PMI mendapatkan vaksinasi dan mereka membawanya ke kegiatan vaksin, kata Ahmad Salabi

Vaksinasi (ANTARA) - Sebanyak 130 orang calon pekerja imigran Indonesia (CPMI) Provinsi Lampung menjalankan program vaksinasi yang difasilitasi oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Pelaksanaan vaksinasi di kantor BP2MI ini karena selama ini di beberapa UPT minta PMI mendapatkan vaksinasi dan mereka membawanya ke kegiatan vaksin," kata Kepala BP2MI Lampung Ahmad Salabi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan vaksinasi bagi seratusan CPMI ini juga merupakan bentuk dorongan dari pihaknya sebagaimana arahan dari Kepala BP2MI pusat agar kantor-kantor daerah dapat memfasilitasi vaksinasi bagi calon pekerja imigran ini.

Baca juga: Polda Lampung-PSMTI bagikan 600 nasi kotak kepada warga terdampak

"Jadi guna memfasilitasi mereka, BP2MI bersurat kepada Kementrian Kesehatan (Kemenkes) agar CPMI bisa difasilitasi vaksinasi, sehingga tindak lanjutnya di Lampung kami langsung menghubungi Poltekkes Kemenkes di Bandarlampung," kata dia.

Dia menyebutkan atas permintaannya tersebut Poltekkes pun menyetujuinya dan memberikan kuota vaksin bagi CPMI sebanyak 150 dosis.

"Jadi dari 150 dosis vaksin ini, 20 orang menjalani vaksinasi di Poltekkes dan 130 lagi di Kantor BP2MI Lampung," katanya.

Menurutnya vaksinasi bagi CPMI ini penting sebab dikhawatirkan setelah mereka selesai pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), dan negara  penempatannya dibuka namun mereka belum divaksinasi sehingga dapat mempengaruhi keberangkatan sebab vaksinasi menjadi salah satu syaratnya.

Baca juga: Wakil Bupati Lampung Tengah dihukum bersihkan masjid akibat langgar prokes

"CPMI yang menjalani vaksinasi ini yang telah terdaftar di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SiskoTKLN) dan telah memiliki paspor sehingga siap untuk diberangkatkan ke negara penempatan," kata dia.

Ia mengatakan tujuan keberangkatan CPMI yang divaksinasi yakni Hongkong, Taiwan, Korea dan Jepang.

"Rencana keberangkatan CPMI belum bisa dipastikan tergantung negara penempatan jika negara sudah buka maka langsung berangkat dan diproses," kata dia.

Baca juga: Polda Lampung akan siapkan 15 ton oksigen cair

Sementara itu, salah satu CPMI asal Lampung Timur, Ayu Indah Saputri mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya kegiatan vaksinasi yang difasilitasi oleh BP2MI.

"Tentunya saya terbantu dengan adanya vaksinasi ini karena lebih mudah mendapatkan dan prosesnya. Tujuan saya ingin kerja di Hongkong dan sekarang sedang melakukan pelatihan di BLK," kata dia.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021