Kapolda Lampung resmikan gedung pelayanan terpadu Polres Metro

id kapolda lampung, aplikasi metro bisa, polres metro

Kapolda Lampung resmikan gedung pelayanan terpadu Polres Metro

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno meluncurkan aplikasi Metro Bisa (ANTARA/HO)

Metro (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, meresmikan gedung pelayanan terpadu Polres Metro dan aplikasi Metro Bisa, guna memudahkan mendapatkan pelayanan dan pelaporan pengaduan masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada Kapolres Metro, Wali Kota Metro dan pemkot setempat dalam mendukung dan memanfaatkan sistem teknologi untuk menciptakan aplikasi digitalisasi pelayanan publik berbasis online," kata Hendro, di Kota Metro, Selasa.

Ia menyebutkan aplikasi ini dapat mempermudah dalam menerima pelayanan dan mempermudah masyarakat dalam melaporkan pengaduan.

Aplikasi dan gedung pelayanan terpadu ini berfungsi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Metro antara lain, layanan pengaduan masyarakat terhadap kinerja Polri, konsultasi Sat Reskrim.

Kemudian, pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta perpanjangan SIM dengan menggunakan aplikasi Metro Bisa.

Kemudian loket BRI untuk pembayaran PNBP SIM, SKCK, perizinan patwal, informasi rekrutmen, layanan sidik jari, serta layanan kecelakaan lalu lintas dan tilang.

Hendro mengatakan peluncuran aplikasi Metro Bisa dan peresmian gedung pelayanan terpadu ini merupakan dedikasi tinggi Polres Metro dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Metro.

"Semoga dedikasi dan pengabdian Polres Metro semakin meningkat dan semakin presisi," katanya.

Keberadaan aplikasi dan gedung pelayanan terpadu ini juga merupakan salah satu upaya mencegah praktik korupsi. Selain itu juga untuk mencegah penyebaran COVID-19, karena meminimalisir adanya tatap muka.

Hendro berharap terobosan yang dilakukan Polres Metro dapat dicontoh Polres lain.

"Aplikasi Metro Bisa ini sangat mendukung upaya Polres Metro dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimana aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store," jelas Hendro.

Semoga peluncuran aplikasi dan keberadaan gedung ini merupakan upaya memberikan pelayanan yang profesional, bersih, transparan, dan bebas pungli," pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati mengatakan membuat aplikasi pelayanan online ini untuk mendukung program Kapolri yakni Presisi dan mendukung program Kapolda Lampung dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat Kota Metro guna mengadaptasi kebiasaan baru untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Aplikasi ini di buat untuk menciptakan pelayanan cepat tepat dan anti KKN serta mewujudkan Metro Bisa dalam genggaman, kami siap melayani masyarakat," ujar Retno.

Ia menambahkan, dengan layanan ini masyarakat dapat lebih mudah dalam melakukan pengurusan pemberkasan di Polres Metro secara online, adapun langkah-langkah menggunakan aplikasi Metro Bisa ini dengan mengunduh aplikasi melalui Play Store.

"Lakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri lengkap, setelah itu anda dapat masuk ke dalam aplikasi Metro Bisa dan dapat menggunakan layanan yang ada, pilih layanan lainnya untuk melihat semua layanan yang tersedia di aplikasi," tutupnya.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021