Kantor Pos Bandarlampung salurkan BST secara "door to door"

id Kantor Pos,BST,Bantuan PPKM,PPKM,Bandarlampung

Kantor Pos Bandarlampung salurkan BST secara "door to door"

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilakukan oleh Kantor Pos Bandarlampung kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara door to door. Selasa, (3/8/2021). (ANTARA/Ho-Kantor Pos Bandarlampung)

Untuk data penerima BST ini semua dari Kementerian Sosial (Kemensos), kami hanya menyalurkannya selain Kantor Pos ada BST juga yang disalurkan oleh bank-bank pemerintah," kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Pos Bandarlampung menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 secara door to door atau dari pintu ke pintu guna menghindari kerumunan atau mengurangi aktivitas masyarakat.

"Jadi Kantor Pos Bandarlampung ini ada lima wilayah kerjanya, yakni Bandarlampung, Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, dan Pringsewu. Nah penyaluran untuk daerah yang menerapkan PPKM Level 4 seperti Bandarlampung kami langsung antarkan BST ke rumah masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," kata Kepala Kantor Pos Bandarlampung Frananda W Rahmanto, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan penyaluran BST di Kota Bandarlampung yang dilakukan secara door to door sekarang sudah selesai namun di lapangan memang ada beberapa KPM yang belum menerima atau mengambil BST tersebut dikarenakan saat petugas mengantarkan batuan tersebut mereka sedang di luar rumah.

Baca juga: Sebanyak 4.630 KPM di Pesisir Barat akan terima BST Mei dan Juni 2021

"Jadwal utama penyaluran BST di Bandarlampung sudah selesai semua, hanya saja ada jadwal tambahan karena ada beberapa warga tidak di rumah saat diantarkannya bantuan itu atau KPM yang belum menerima BST dapat langsung datang ke kantor kami dengan membawa kartu keluarga dan KTP asli untuk mengambilnya," kata dia.

Sedangkan untuk wilayah-wilayah yang tidak menerapkan PPKM Level 4 penyaluran BST dilakukan secara terpusat di kelompok-kelompok masyarakat ataupun di Kantor Cabang Pos (KCP) tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. 

"Kalau di wilayah-wilayah yang tidak PPKM Level 4 penyaluran BST masih berlangsung dan masyarakat yang datang ke tempat-tempat yang sudah ditentukan. Karena situasinya masih dalam pandemi COVID-19 maka kita pakai prokes dan dijadwalkan untuk pengambilannya guna menghindari kerumunan serta diwajibkan memakai masker," kata dia.

Baca juga: Polda Lampung salurkan 100 ton beras untuk masyarakat terdampak PPKM

Frananda menyebutkan BST yang disalurkan melalui Kantor Pos di wilayah kerjanya sebanyak 96.353 KPM dengan rincian Kota Bandarlampung sebanyak 18.700 KPM, Lampung Selatan 39.726 KPM, Pesawaran 4.241 KPM, Pringsewu 9.719 KPM, dan Tanggamus 23.967 KPM.

"Untuk data penerima BST ini semua dari Kementerian Sosial (Kemensos), kami hanya menyalurkannya selain Kantor Pos ada BST juga yang disalurkan oleh bank-bank pemerintah," kata dia.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021