PGI imbau gereja gunakan asrama dan wisma sebagai ruang isolasi mandiri

id PGI, Gumar Gultom, Mahfud MD, gereja tempat isoman, COVID-19

PGI imbau gereja gunakan asrama dan wisma sebagai ruang isolasi mandiri

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Pendeta Gomar Gultom. ANTARA/ Muhammad Zulfikar

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom, mengimbau pengurus gereja menjadikan fasilitas seperti asrama dan wisma tamu sebagai ruang isolasi mandiri bagi masyarakat yang positif COVID-19.

Hal ini ia sampaikan saat pimpinan PGI berdialog secara virtual dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengenai penanganan Covid-19, Rabu (28/7).

"Kami mendorong gereja-gereja untuk mengubah fasilitas gereja berupa asrama dan wisma tamu untuk ditransformasikan sebagai ruang-ruang isolasi mandiri. Tapi kami tetap minta ada pusat kesehatan yang bisa berkoordinasi dengan tempat isolasi mandiri ini. Supaya jika terjadi keadaan darurat, tetap bisa tertangani," Gultom dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis.

Ia juga menyebutkan PGI dengan seluruh gereja-gereja ada bersama pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19. 

"Pak Menko, kami dari PGI dengan seluruh gereja-gereja di Indonesia ada bersama pemerintah untuk menanggulangi masalah covid ini. Pertama masalahkesehatan/penanggulangan virusnya. Kedua ikut dalam mencerdaskan masyarakat untuk lebih paham dengan situasi terkini, beberapa gereja juga ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ekonomi," kata dia.

Dalam dialog virtual terkait penanganan pandemi Covid-19 ini, Sekretarus Umum PGI, Pendeta Jacky Manuputty, mengusulkan kepada Mahfud untuk menggalang gerakan solidaritas kemanusiaan yang melibatkan tokoh lintas agama, bergandeng tangan dengan pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021