Pemkot Bandarlampung imbau warga yang isoman lapor ke puskesmas

id Pasien Isoma,Dinkes,COVID-19,Bandarlampung

Pemkot Bandarlampung imbau warga yang isoman lapor ke puskesmas

Petugas Kesehatan berbaju alat pelindung diri (APD) lengkap sedang bertugas di rumah sakit darurat Unila. Rabu, (28/7/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung mengimbau warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) agar segera melaporkan dirinya ke RT atau puskesmas setempat.

"Kalau ada masyarakat yang positif COVID-19, mereka segera lapor ke puskesmas dan tidak menyembunyikannya agar terdata baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, di Bandarlampung, Rabu.

Ia pun menyampaikan bahwa apabila mereka melaporkan diri ke puskesmas maka petugas akan mengawasinya untuk memantau kesehatan pasien yang isoman tersebut. 

"Jadi nanti hari pertama mereka melaporkan dirinya, petugas akan mendatanginya, kemudian mereka akan dipantau melalui telepon," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, pasien isoman yang terdata di puskesmas, mereka akan diberikan obat-obatan dan juga vitamin oleh petugas.

"Tapi untuk saat ini, baru vitamin dan beberapa obat yang tersedia di puskesmas, sedangkan antivirusnya serang kosong stoknya," kata dia.

Namun begitu, ia mengatakan bahwa petugas akan melihat terlebih dahulu apakah pasien tersebut benar-benar positif COVID-19 atau tidak.
 
"Untuk paket obat yang disiapkan bagi warga yang isoman sebanyak 1.300 paket, tapi apabila nanti kurang maka Wali Kota Bandarlampung sudah memerintahkan untuk ditambah," kata dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021