Olimpiade Tokyo - Belanda lumat China, Brazil menang tipis atas Zambia

id Brazil,Belanda,Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo - Belanda lumat China, Brazil menang tipis atas Zambia

Pemain Belanda merayakan keberhasilan mereka lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putri usai menang 8-2 melawan China di Stadion Internasional Yokohama, Jepang, Selasa (27/7/2021). (ANTARA/Pro Shots/Sipa USA via Reuters C/Pro Shots Photo Agency)

Jakarta (ANTARA) - Belanda kembali berpesta gol di ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putri usai mengalahkan China dengan skor telak 8-2.

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, pertandingan antara Belanda vs China digelar di Stadion Yokohama, Jepang, Selasa malam waktu setempat.

Pertandingan dibuka dengan Belanda yang terus mengambil inisiatif menyerang dan langsung membuahkan hasil pada menit 12. Penyerang Belanda Shanice van de Sanden mencetak gol ke gawang China setelah memanfaatkan umpan dari Jackie Groenen.

Tertinggal lebih dulu, China terus melakukan upaya untuk menyamai kedudukan dan membuahkan hasil pada menit 28. Berawal dari umpan Shuang Wang, penyerang Shanshan Wang menyarangkan sebuah gol yang membuat skor berubah menjadi 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, China terus berusaha membalikkan keadaan, namun Belanda bisa kembali berbalik unggul.

Belanda sukses mengubah skor menjadi 2-1 usai Lineth Beerensteyn mencetak gol yang bermula dari umpan Dominique Janssen di menit 37. Belanda terus menambah keunggulan yang membuahkan hasil pada menit 45+2 berkat gol dari Lineth Beerensteyn.

Beerensteyn membawa Belanda unggul sebelum babak pertama usai, setelah menerima umpan dari Shanice van de Sanden yang membuat skor 3-1 bertahan hingga akhir babak pertama. 

Memasuki babak kedua, Belanda kembali unggul ketika waktu berjalan dua menit melalui Lieke Martens yang berhasil memaksimalkan umpan dari Kika van ES.

Unggul 4-1 membuat Belanda semakin berada di atas angin setelah berhasil menambah keunggulan melalui Vivianne Miedema pada menit 65.

China terus berupaya memperkecil ketertinggalan yang membuahkan hasil pada menit 69 melalui Yanwen Wang yang membuat skor berubah menjadi 5-2.

Meski sempat kembali kebobolan, Belanda kembali bisa menambah selisih gol melalui Lieke Martens (70'), Victoria Pelova (72') dan Vivianne Miedema (86').

Skor 8-2 ini bertahan hingga pertandingan usai dan membuat Belanda lolos sebagai juara Grup F dengan raihan 7 poin serta selisih gol +13.

Di sisi lain, China harus puas berada di posisi juru kunci dengan raihan 1 poin dan selisih gol -11.



Brazil menang tipis atas Zambia

Di pertandingan lain Grup F, Brazil akan mendampingi Belanda lolos ke perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putri usai menang tipis atas Zambia 1-0 di Stadion Saitama, Saitama, Jepang, Selasa malam waktu setempat.

Gol kemenangan Brazil dicetak oleh gelandang Andressa pada menit 19 melalui eksekusi tendangan bebas.

Laga tersebut juga sempat diwarnai kartu merah yang diterima oleh bek Zambia Lushomo Mweemba usai melanggar keras penyerang Brazil Ludmilla pada menit 13.

Hasil ini membuat Brazil finis di peringkat kedua Grup F dengan raihan 7 poin serta selisih gol +6.

Sementara Zambia harus puas berada di posisi ketiga Grup F dan tidak dapat melanjutkan ke babak perempat final sebagai peringkat tiga terbaik karena hanya mampu meraih 1 poin. 

Dua posisi teratas untuk peringkat tiga grup terbaik ditempati oleh Jepang serta Australia dari grup E dan G. Kedua tim itu sama-sama berhasil mengumpulkan 4 poin. 

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar