PT HK laksanakan operasi mengantuk di Km 306 Jalan Tol Trans Sumatera

id Lampung, hk, hutama karya, jalan tol, tol lampung, hk terpeka, terpeka

PT HK laksanakan operasi mengantuk di Km 306 Jalan Tol Trans Sumatera

Petugas HK sedang melakukan pengecekan kepada pengendara saat melakukan operasi mengantuk di Km 306. Antaralampung/Emir F. Saputra

Jadi sangat-sangat efektif dilakukan operasi microsleep ini
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) kembali melaksanakan kegiatan operasi antimengantuk di ruas Jalan Tol Trans Sumatera untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas.

"Operasi 'microsleep' di Km 306 Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan kami gelar untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol akibat kelelahan," kata Branch Manager PT Hutama Karya (HK) Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardono, Minggu

Menurutnya, PT Hutama Karya terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan.

"Dalam kesempatan ini, kami juga meyakinkan bahwa Tol Terpeka dalam kondisi aman bagi pengguna jalan," katanya pula.

Selain itu, para pengendara diminta lebih berhati-hati saat melintas, dan tetap beristirahat di tempat yang telah ditentukan seperti rest area.

"Jika mengalami tindak kriminal supaya dapat segera menghubungi call center atau pun petugas kami yang ada di gerbang tol, patroli jalan tol maupun petugas keamanan yang ada di rest area," katanya lagi.

Yoni menjelaskan, operasi microsleep cukup efektif, karena dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Microsleep adalah kejadian tidur pendek yang berlangsung 1-30 detik yang terjadi selama mengantuk. Biasanya microsleep datang tiba-tiba dan orang yang mengalaminya tidak sadar bahwa baru saja tertidur.

Kondisi microsleep cukup berbahaya, terutama jika sedang berkendara di jalan. Microsleep terjadi dikarenakan pekerjaan yang monoton dan berulang serta kurang tidur. Tentunya selama mengemudi pastikan untuk selalu dalam keadaan fit untuk mencegah terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

"Jadi sangat-sangat efektif dilakukan operasi microsleep ini," ujarnya pula.
Baca juga: PT HK gelar operasi microsleep di Km 234 A Jalur A Tol Terpeka