Stok pangan aman di Bandarlampung selama PPKM

id Pangan,Bandarlampung,Stok pangan,PPKM,Ketersediaan pangan

Stok pangan aman di Bandarlampung selama PPKM

Ilustrasi - Ketersediaan stok bahan-bahan makanan di salah satu pasar tradisional di Kota Bandarlampung. Kamis, (22/7/2021). (ANTARA/Ho-Ruth Intan S)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung memastikan bahwa stok pangan di kota ini aman selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Jadi masyarakat tidak perlu panik untuk memborong bahan-bahan makanan, karena kebutuhan pangan juga aman," kata Kepala Dinas Pangan Kota Bandarlampung I Kadek Sumartha di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa selama jalur pendistribusian bahan-bahan makanan baik dari luar Lampung maupun daerah-daerah penyangga Kota Bandarlampung masih lancar, maka ketersediaannya pun pasti akan tercukupi.

"Kan dalam PPKM ini untuk distribusi bahan pangan atau makanan tetap diperbolehkan, tidak terkena penyekatan, maka selama hal ini lancar sudah pasti stok pangan masih aman," katanya.

Namun begitu, guna menghindari kelangkaan salah satu bahan pangan, pihaknya tetap melakukan pengecekan gudang-gudang guna melihat ketersediaannya serta memastikan tidak ada penimbunan.

"Kami juga terus cek ke gudang, jangan sampai ada penimbunan, yang buat harga melonjak, tapi sepanjang di pasar ada barangnya, berarti kan indikasinya tidak ada penimbunan," kata dia.

Dia menyarankan masyarakat Bandarlampung tetap membeli bahan pangan seperlunya saja, dan dalam masa pandemi COVID-19 ini mereka dapat melakukan pembelian secara daring.

"Masyarakat tidak usah ketakutan sebab barang masih tersedia di pasaran. Sebaiknya pula mereka membeli bahan makanan seperlunya saja, dan dalam kondisi COVID-19, kalau bisa belanjanya 'online' (daring). Sekarang kan beli sembako juga bisa 'online',” katanya.