Itera wisuda 292 lulusan sarjana secara daring

id Itera,Wisuda,Mahasiswa,Institut Teknologi Sumatra

Itera wisuda 292 lulusan sarjana secara daring

Kegiatan wisuda 292 lulusan Itera yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) dalam masa pandemi COVID-19. Sabtu (17/7/2021). (ANTARA/Ho-Humas Itera)

Bnadarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera kembali mewisuda 292 lulusan program sarjana secara dalam jaringan (daring) dalam masa pandemi COVID-19.

"Prosesi wisuda daring tersebut merupakan yang ke-4 selama pandemi COVID-19," kata Rektor Itera Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dalam keterangan tertulisnya, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan 292 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari Program Studi Fisika 4 orang, Matematika (39), Arsitektur (21), Perencanaan Wilayah dan Kota (36), Teknik Geomatika (25), Teknik Lingkungan (9), Teknik Sipil (11), Teknik Elektro (26), Teknik Informatika (71), Teknik Geologi (1), Teknik Geofisika (33), Teknik Mesin (10) dan Teknik Industri (6). 

"Sejak melangsungkan wisuda pertama pada tahun 2016 sampai dengan wisuda ke 8, total Itera telah meluluskan sebanyak 967 orang lulusan sarjana," kata dia.

Prof. Mitra Djamal pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Pertama Itera Almarhum Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., yang telah berpulang, pada 9 Juni 2021, lalu. 

“Kini saatnya kita bersama-sama untuk meneruskan semangat, cita-cita dan perjuangan almarhum untuk membangun Itera menjadi institut teknologi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya,” kata dia.

Rektor Itera itu juga mengungkapkan bahwa kampus ini berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Itera telah menjalankan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) mulai semester ganjil tahun Akademik 2020/2021 dan kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Senat Akademik Nomor 1 tahun 2020, tentang Norma Penyelenggaraan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Itera.

Dia pun berpesan kepada para wisudawan agar para dapat memaksimalkan kemampuan, potensi, dan keahlian yang didapat selama kuliah untuk memajukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, sudah sepatutnya jika saudara-saudara sekalian kembali ke kampung halaman untuk membangun daerah asal masing-masing. Banyak potensi daerah yang menunggu tangan-tangan terampil untuk dikembangkan,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, sebagai lulusan perguruan tinggi yang fokus di bidang sains dan teknologi, para alumni Itera juga dituntut untuk mampu berinovasi guna menciptakan teknologi baru atau memberikan masukkan sesuai bidang keilmuwan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan di setiap sendi kehidupan masyarakat. 

“Jika ini dilaksanakan dengan serius, ditambah kemampuan hardskill dan softskill yang mumpuni, saya optimistis lulusan Institut Teknologi Sumatera tidak hanya sukses di dunia kerja tetapi juga kelak mampu membuka lapangan kerja,” ujarnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar