Itera tidak lakukan verifikasi berkas fisik mahasiswa baru secara langsung

id COVID-19,Virus corona,Itera,Mahasiswa baru,Corona Lampung

Itera tidak lakukan verifikasi berkas fisik mahasiswa baru secara langsung

Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. Selasa, (6/7/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera)  mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan verifikasi berkas fisik mahasiswa secara langsung untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19.
 
"Jadi verifikasi berkas fisik untuk mahasiswa baru angkatan 2021, kami tidak lakukan secara langsung baik itu yang melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun pendaftar KIP-Kuliah," kata Rektor Itera Prof Dr Ing Drs Ir Mitra Djamal, IPU,  di Bandarlampung, Selasa.

Tentunya, lanjut Rektor, keputusan ini pun merujuk kepada Surat Edaran (SE) Sekretaris Jenderal Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2021 tentang kebijakan bekerja di rumah dalam rangka pencegahan dan Penangan COVID-19 dan SE Gubernur Lampung tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Dia mengungkapkan bahwa mahasiswa-mahasiswa baru yang sudah diterima di Itera tersebut dapat mengirimkan berkas-berkas guna keperluan verifikasi ke kampus melalui Pos.

"Berkas-berkas mahasiswa baru Itera dikirimkan melalui Pos ke alamat PMB Itera, Gedung E Itera Jl Terusan Ryacudu Way Hui Kec. jati Agung Lampung Selatan dengan Kode Pos 35365," kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, bagi mahasiswa baru  SNMPTN dan SBMPTN pendaftar KIP-Kuliah baik yang sudah lulus atau belum (tahap seleksi) berkas-berkas dapat dikirimkan via Pos ke gedung B ruang B.101 Itera ke Terusan Ryacudu Way Hui Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan dengan Kode Pos 35365.

Ia pun meminta kepada peserta agar memperhatikan dan melengkapi ketentuan-ketentuan dari pihak kampus sebelum mengirimkan berkas-berkasnya.

"Ada ketentuan-ketentuan yang harus disiapkan oleh mereka sebelum mengirimkan berkas verifikasinya seperti kartu DIM asli, keterangan bebas narkoba, kartu peserta asli dan warna amplop sesuai prodi serta berkas serta lainnya. Ini harus lengkap agar bisa langsung terverifikasi," kata dia.

Untuk mekanisme pengiriman berkasnya, kata dia, mahasiswa baru yang masuk dari jalur SNMPTN dapat mengirimkan berkasnya pada tanggal 12-16 Juli dan harus terdapat cap POS, kode peserta SNMPTN serta menggunakan map berwarna sesuai program studi (prodi) yang diambilnya.

"Lalu mahasiwa baru jalur SBMPTN dikirim kan pada tanggal 26-30 Juli, sedangkan Mahasiswa lalui jalur SMMPTN dan jalur USM Prestasi khusus (PK) berkasnya dikirimkan pada tanggal 02-06 Agustus. Untuk berkas mahasiswa yang melalui jalur prestasi khusus, mereka diminta cantumkan USM-PK di sudut kiri amplop," kata dia.