Satgas TNI edukasi prokes warga pedalaman Papua

id Satgas Pamrahwan Yonif 315, Kodam XVII/Cenderawasih

Satgas TNI edukasi prokes warga pedalaman Papua

Personel Satgas Pamrahwan Yonif 315/Garuda membagikan masker dalam upaya mencegah penularan COVID-19 kepada warga pedalaman Papua.(ANTARA News Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

Timika (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 315/Garuda Pos Tsinga mengedukasi protokol kesehatan dan membagikan masker guna mencegah COVID-19 kepada warga pedalaman Kampung Beane Kogom, Distrik Tsinga, Kabupaten Mimika, Papua

Komandan Pos Tsinga Satgas Pamrahwan Letda Inf Heru Prasetyo, Minggu mengatakan, apa yang telah dilakukan prajurit TNI mendisiplinkan warga protokol keseharan adalah sesuai dengan arahan dari Dansatgas Pamrahwan Yonif 315/Garuda Letkol Inf Suryanto.

"Kami sebagai aparat TNI harus siap membantu program pemerintah yaitu mensosialisasikan tentang protokol kesehatan kepada khalayak umum untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," jelas Danpos.

Diakuinya, kegiatan ini lebih menekankan pada edukasi agar masyarakat lebih waspada dan turut membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona sekaligus membantu ketersediaan masker bagi masyarakat kurang mampu.

"Warga dihimbau tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak, menjaga kebersihan diri diantaranya dengan rajin cuci tangan dan tidak berkerumun ataupun tetap jaga jarak,"tegas Letda Inf Heru.

Dikatakannya, masyarakat sangat antusias dengan adanya pembagian masker tersebut, karena selama ini mereka hanya diimbau untuk mengenakan masker, namun minim karena tempat yang sangat jauh dari perkotaan, dan saat ini masyarakat mendapatkan masker secara gratis.

“Kami berterima kasih dan berharap kepada masyarakat yang telah patuh dalam menggunakan masker untuk memutus penyebaran COVID-19. Kegiatan ini pun diapresiasi oleh para tertua di Kampung Beane Kogom seperti Kepala Suku maupun pendeta,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Suku Kampung Beane Kogom Yoap Beanal yang mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan Satgas Pamrahwan Yonif 315/Garuda dalam mendisiplinkan protokol kesehatan kepada masyarakat dengan pembagian masker.

“Dengan sosialisasi dan pembagian masker seperti ini diharapkan warga bisa lebih paham tentang penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona yang bisa mengakibatkan kematian,”pesan Yoap Beanal.