Legislator minta Bandarlampung jadikan UMKM prioritas dalam upaya pemulihan ekonomi

id COVID-19,Pemulihan ekonomi daerah,UMKM,Legislator,Wali Kota Bandarlampung,Eva Dwiana

Legislator minta Bandarlampung jadikan UMKM prioritas dalam upaya pemulihan ekonomi

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana saat dimintai keterangan oleh awak media. Kamis, (2/7/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Setelah kami evaluasi pemkot hanya sebatas memberikan stimulan saja tapi tidak ada follow up ya, seharusnya mereka mengevaluasi tindakan selanjutnya setelah memberikan bantuan ingin diapakan UMKM ini, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta Pemerintah Kota Bandarlampung untuk menjadikan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai prioritas mendapatkan stimulan dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Sejauh ini kami menilai belanja pengeluaran APBD Bandarlampung belum cukup optimal dalam perannya sebagai stimulan pertumbuhan ekonomi daerah, maka sektor UMKM harus jadi prioritas dalam pemulihan ekonomi daerah," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandarlam[pung Agus Djumadi, di Bandarlampung, Jumat.

Agus yang merupakan anggota Komisi II DPRD Kota Bandarlampung tersebut mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM di kota ini dan hal tersebut dirasa belum maksimal.

Baca juga: PHRI Lampung minta Pemkot Bandarlampung bijak lakukan pungutan pajak

Menurutnya dalam upaya pemulihan ekonomi daerah tentunya bukan hanya stimulan yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM ini, namun seharusnya ada tindak lanjutnya dari pemerintah.

"Setelah kami evaluasi pemkot hanya sebatas memberikan stimulan saja tapi tidak ada follow up ya, seharusnya mereka mengevaluasi tindakan selanjutnya setelah memberikan bantuan ingin diapakan UMKM ini," kata dia.

Namun begitu, ia mengakui bahwa bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kota Bandarlampung telah tepat sasaran baik stimulan yang berasal dari pemerintah pusat maupun daerah.

Baca juga: Kemitraan perajin tapis dan UMKM strategi bertahan di masa pandemi

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan pihaknya akan segera meluncurkan program kredit tanpa bunga atau nol persen kepada pelaku UMKM.

"Kredit bunga nol persen ini merupakan salah satu skema yang disiapkan pemkot dalam rangka pemulihan ekonomi daerah dengan menyiapkan modal bagi UMKM agar mereka lebih produktif lagi," kata dia.