BMKG peringatkan wilayah Lampung berpotensi hujan lebat disertai kilat

id BMKG,cuaca,potensi hujan lebat,peringatan dini BMKG

BMKG peringatkan wilayah Lampung berpotensi hujan lebat disertai kilat

Hujan guyur wilayah Bandarlampung- file (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Rabu.

Wilayah tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Nusa Tenggara Timur.

BMKG juga memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan berawan pada Rabu siang. Wilayah tersebut yakni Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, dan Palembang.
Wilayah yang diperkirakan cerah berawan yakni Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Tarakan, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Kupang, dan Padang. Banda Aceh diperkirakan akan cerah.

Wilayah yang diperkirakan hujan ringan yakni Serang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Mataram, Mamuju, dan Medan. Wilayah yang diperkirakan hujan sedang yakni Pontianak, Ambon, Kendari, dan Manado. Banjarmasin diperkirakan akan mengalami hujan petir.