Satu puskesmas di Bandarlampung tutup usai nakes terpapar COVID-19

id COVID-19,Vaksinasi,Kampung sawah,Petugas

Satu puskesmas di Bandarlampung tutup usai nakes terpapar COVID-19

Kondisi puskesmas Kampung Sawah yang ditutup sementra karena dua tenaga kesehatan di sana terinfinkesi COVID-19. Jumat, (25/6/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Satu puskesmas di Kelurahan Kampung Sawah, Kota Bandarlampung ditutup sementara dikarenakan dua tenaga kesehatan di pusat kesehatan itu terpapar COVID-19.

"Puskesmas itu kita tutup sementara, mungkin satu pekan ke depan ditutup, karena takut menyebar," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, di Bandarlampung, Jumat.

Ia pun mengatakan dua nakes di puskesmas tersebut terinfeksi COVID-19 sehingga pihaknya telah melakukan tes swab antigen kepada semua petugas pelayanan yang ada di sana.

"Kita sudah tes antigen semua petugas di sana, bila nanti dalam perkembangannya banyak terpapar di sana tentunya akan kami perpanjang penutupan pelayanan kesehatan di sana sepekan lagi," kata dia.

Terkait pelayanan kesehatan warga sekitar, Kadinkes tersebut mengungkapkan bahwa masyarakat dapat melakukannya ke puskesmas lainnya seperti yang ada di Kelurahan Kebun Jahe ataupun puskesmas satelit.

Begitu pula, lanjut dia, dengan pelayanan vaksinasi COVID-19 masyarakat sekitar Puskesmas Kampung Sawah bisa datang ke puskesmas lainnya guna menerima vaksin.

"Ya pelayanan kesehatan masyarakat juga kita pindahkan ke puskesmas lainnya. Warga bisa melakukan pengobatan di Puskesmas Kebun Jahe ataupun satelit yang jaraknya tidak jauh dari kediaman mereka," kata dia.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung, hingga kini kasus positif COVID-19 di Bandarlampung berjumlah 6.222 dengan pasien sembuh 5.706 dan kematian 364.