Wakil Bupati Pringsewu dukung pembentukan bank darah di Pekon Wargomulyo

id lampung, pringsewu,bank darah,donor darah

Wakil Bupati Pringsewu dukung pembentukan bank darah di Pekon Wargomulyo

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mendukung warga Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka yang akan mendirikan bank darah. Antaralampung/HO/Dok Pemkab Pringsewu

Saya bangga kepada kepala pekon dan masyarakat Wargomulyo yang mempunyai inisiatif untuk mendirikan bank darah

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mendukung warga Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka yang akan mendirkan bank darah.

Menurutnya, keberadaan bank darah sangat besar manfaatnya untuk menolong sesama bilamana ada warga yang membutuhkan darah.

“Saya bangga kepada kepala pekon dan masyarakat Wargomulyo yang mempunyai inisiatif untuk mendirikan bank darah,” kata Fauzi , saat menghadiri kegiatan pemeriksaan golongan darah, di Balai Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka, Rabu (23/6).

Menurutnya, pembentukan bank darah, tentunya diawali dengan pemeriksaan kesehatan maupun golongan darah, sebelum warga mendonorkan darahnya.

“Hanya orang yang sehat yang dapat mendonorkan darahnya, yang diawali dengan pemeriksaan kesehatan serta golongan darah. Pemeriksaan golongan darah ini tentunya sangat diperlukan bagi rencana pendirian bank darah nantinya, karena akan diketahui dan didapatkan data lengkap masyarakat berikut golongan darah yang dimilikinya,” ujarnya.

Wakil Bupati Pringsewu yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu ini, juga mengajak masyarakat, terutama yang darahnya sehat untuk membiasakan diri melakukan donor darah.

“Banyak sekali manfaat dari berdonor darah, yakni selain untuk kemanusiaan guna menolong terhadap sesama, bagi para pendonor juga menyehatkan. Karena itu, betapa pentingnya kita bergotong royong dan tolong-menolong kepada sesama, dengan menyumbangkan atau menyedekahkan darah kita,” kata Fauzi.

Terkait pandemi COVID-19, Wabup Pringsewu itu mengatakan bahwa siapa pun dapat terpapar virus tersebut. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk bijak dalam menyikapinya, dan tidak terlalu takut berlebihan.

“Patuhi protokol kesehatan, dengan menerapkan 5M, yakni mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak fisik satu sama lain, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas,” katanya pula.

Kepala Pekon Wargomulyo Nursalim HS mengungkapkan bahwa ide untuk mendirikan bank darah di desanya ini berawal dengan adanya wabah demam berdarah dengue (DBD) beberapa waktu lalu, dimana banyak warga yang terkena DBD membutuhkan bantuan darah.

“Sehingga saya berinisiatif perlunya sebuah bank darah di Wargomulyo ini, jika sewaktu-waktu ada warga yang membutuhkan, sudah siap yang akan mendonorkan darah berikut golongan darahnya,” ujarnya pula.

Dia juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, PMI dan seluruh masyarakat Pekon Wargomulyo, sehingga keberadaan bank darah dapat terwujud dalam rangka membantu warga Pekon Wargomulyo yang berpenduduk 4.870 jiwa (1.502 KK) yang mayoritas bermatapencaharian petani.

Pada kesempatan itu, Wabup Pringsewu bersama masyarakat juga melakukan prosesi minum vitamin bersama sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar terhindar dari terpapar Virus Corona, serta meninjau Gedung Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Wargomulyo.

Wabup meminta agar kebersihan sarana pendidikan tersebut senantiasa terjaga, walaupun selama ini jarang dipergunakan akibat pandemi COVID-19, sehingga para pelajar sementara ini banyak belajar secara online. 
Baca juga: PMI Lampung ajak masyarakat donor darah secara berkala
Baca juga: Plasma konvalesen 90 persen efektif sembuhkan pasien COVID-19