Usai gempa magnitudo 6,1 sumur warga di Desa Saunulu-Malteng mengering

id Gempa Maluku Tengah,Desa Saunulu,Kecamatan Tehoru,Maluku,sumur,mengering

Usai gempa magnitudo 6,1 sumur warga di Desa Saunulu-Malteng mengering

Konidisi salah satu sumur warga di Desa Saunulu, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Selasa (22/6/2021) mengering usai gempa magnitudo 6,1 yang melanda desa itu pada 16 Juni 2021. (FOTO ANTARA/HO-Tim Relawan Ambon)

Tapi peristiwa itu membuat warga kebingungan, karena biasanya meski musim kemarau panjang, sumur mereka tidak pernah kering, katanya
Ambon (ANTARA) - Sumur-sumur warga di Desa Saunulu, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, mengering setelah gempa magnitudo 6,1 yang terjadi pada 16 Juni 2021, sehingga masyarakat setempat kini kesulitan pasokan air bersih.

"Kami lakukan assessment di Desa Saunulu, sumur warga masih kering sampai sekarang usai gempa besar pada 16 Juni lalu," kata anggota Tim Relawan Ambon, Sayyed Abdul Basyir Al'Asghar saat dihubungi dari Ambon, Selasa.

Ia mengatakan menurut laporan warga setempat usai gempa magnitudo 6,1 yang berpusat di 40 km timur Kota Masohi di kedalaman 10 kilometer pada 16 Juni 2021, sekitar pukul 13.43.08 WIT, seluruh sumur di Desa Saunulu mulai mengering.

Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan dan keterangan resmi dari pemerintah daerah maupun otoritas setempat mengenai fenomena keringnya seluruh sumur di Desa Saunulu.

"Tapi peristiwa itu membuat warga kebingungan, karena biasanya meski musim kemarau panjang, sumur mereka tidak pernah kering," katanya.

Akibat peristiwa itu, warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan makan, minum dan mandi, cuci, kakus (MCK). Saat ini mereka hanya bisa mengandalkan air keran yang bersumber dari sungai setempat, tapi sering kotor kala turun hujan.