Harga kelapa sawit di Mesuji Lampung naik

id harga sawit, mesuji, harga sawit naik

Harga kelapa sawit di Mesuji Lampung naik

Tanda buas segar sawit (ANTARA/HO)

Mesuji (ANTARA) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung merangkak naik sehingga menggairahkan petani setempat untuk lebih meningkatkan produksi dengan merawat kebunnya lebih telaten.

"Harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Mesuji saat ini naik menjadi Rp2.075 per kilogram, sebelumnya sempat anjlok hingga Rp1.200 per kilogram, " kata Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Mesuji,  Arif Arianto, Selasa. 

Ia menyebutkan kenaikan harga TBS dalam kondisi pandemi COVID-19 sangat membantu perekonomian masyarakat.

Menurutnya,  tingginya harga TBS tersebut membuat petani kelapa sawit kembali bersemangat meningkatkan produksinya. 

Arif menjelaskan petani sekarang ini mulai bersemangat lagi meningkatkan produksi dengan merawat dan memberi pupuk untuk kebun kelapa sawitnya.

"Demi meningkatkan produksi TBS, petani menyebarkan 700 kg pupuk untuk satu hektare lahan sawit. Hal itu dilakukan agar buah kelapa sawit miliknya berproduksi dan berkualitas tinggi," jelasnya. 

Eko petani dari Kecamatan Way Serdang Mesuji mengaku senang dengan  kenaikan harga TBS kelapa sawit yang bertahan stabil sampai dengan saat ini. 

Kebun sawit miliknya yang luasnya sekitar 4 ha mampu berproduksi 7-9 ton sekali panen. 

"Kenaikan harga TBS yang masih stabil ini sangat menggembirakan petani kelapa sawit di Kabupaten Mesuji apalagi dalam kondisi sulit di tengah pandemi COVID-19. Kami petani ini sangat terbantu dengan naiknya harga kelapa sawit saat pandemi COVID-19 ini," tambah dia.