Adipati terima kunjungan tim pengembangan Unila

id lampung, waykanan, covid lampung, adipati, bupati waykanan, adipati bupati, bupati, kawan adipati, sahabat adipati

Adipati terima kunjungan tim pengembangan Unila

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya menerima kunjungan kerja (Kunker) Tim Pengembangan Universitas Lampung (Unila) (Antaralampung/Pemkab Waykanan)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya menerima kunjungan kerja (Kunker) Tim Pengembangan Universitas Lampung (Unila), di rumah dinas Bupati Waykanan, Senin (14/6/21).



“Pemberian otonomi yang seluas-luasnya dari pemerintah pusat kepada daerah, diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” kata Adipati, di Blambangan Umpu.



Menurutnya, melalui otonomi daerah (Otda), diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman daerah dalam sistem NKRI



Menurutnya, sesuai UU No: 23/2014 yang diubah dengan UU No: 9/2015, tentang pemerintahan daerah (Pemda) telah menegaskan, bahwa kerja sama daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.



Lanjutnya, daerah juga dapat mengadakan kerja sama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.



“Kerja sama daerah, dapat dilakukan dengan daerah lain, pihak ketiga, dan pemerintah daerah atau lembaga di luar negeri,” katanya



Adipati mengatakan, dengan kehadiran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kabupaten Waykanan, akan memberikan effort bagi percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di wilayah perbatasan selatan.



“Dalam jangka panjang, diharapkan muncul kawasan pertumbuhan ekonomi baru di gerbang selatan Provinsi Lampung yakni, Baturaja sekitarnya, Waykanan, Liwa dan Tulang Bawang sebagai Gravity Ultimate Growth (Rajawali Tangguh) dimana Waykanan sebagai pusat pertumbuhan,” jelasnya



Menurutnya, kehadiran Unila memberikan dukungan akselerasi pembangunan ekonomi, dan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan tinggi yang berkualitas serta bermutu di Kabupaten Waykanan.



“Jadi kehadiran Unila , meningkatkan kapasitas layanan menuju kampus world class. Bahkan, kehadiran Unila adalah bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya

Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar