Telkom Lampung sebut kendala teknis penerimaan siswa baru secara daring telah diatasi

id PPDB online, PPDB Lampung, pendidikan lampung,ppdb daring

Telkom Lampung sebut kendala teknis penerimaan siswa baru secara daring telah diatasi

General Manager PT Telkom Indonesia Witel Lampung Susila Shane Sihombing, di Bandarlampung, Senin (14/6/2021) (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Memang terjadi kendala teknis tadi pagi saat pelaksanaan PPDB daring di hari pertama, sekitar 2 jam
Bandarlampung (ANTARA) - PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi (Witel) Lampung mengatakan bahwa kendala teknis dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara dalam jaringan (daring) telah dapat diatasi.

"Memang terjadi kendala teknis tadi pagi saat pelaksanaan PPDB daring di hari pertama, sekitar 2 jam, namun saat ini telah kembali normal," ujar General Manager PT Telkom Indonesia Witel Lampung Susila Shane Sihombing, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan kendala teknis tersebut terjadi akibat adanya perpindahan sistem akibat perubahan database pendaftaran siswa baru.

"Tahun lalu database pendaftaran siswa baru menggunakan nomor ujian nasional, namun saat ini migrasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sehingga ada kendala sistem akibat perubahan ini," ujarnya pula.

Menurutnya, untuk server milik Telkom dalam pelaksanaan PPDB tidak mengalami kendala dan mampu menampung pendaftar.

"Karena tidak seragam dalam database, maka sistem sempat terganggu, namun dengan adanya koordinasi dan informasi dengan panitia PPDB sekolah, sistem dapat segera diperbaiki, sehingga masyarakat dapat lancar mengakses laman PPDB," katanya lagi.

Dia menjelaskan untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa telah disiapkan sejumlah tim yang akan siaga selama pelaksanaan PPDB secara daring.

"Kami telah siapkan pula tim untuk mengantisipasi adanya hal serupa, namun masyarakat diharapkan pula dapat memeriksa kembali link PPDB resmi guna mencegah adanya kesalahan pengisian akibat adanya laman ilegal," katanya lagi.

Dalam pelaksanaan PPDB daring di Lampung ada 148 SMK dan SMA negeri yang ikut serta, dan dalam pelaksanaan pendaftaran tersebut sempat mengalami kendala teknis.
Baca juga: Cegah penularan COVID-19, PPDB dilakukan secara daring
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar