Kanwil Kemenag sebut empat calon haji Lampung ajukan penarikan dana

id Haji,Kemenag,Arab saudi,Ibadah haji,Lampung,calon haji lampung

Kanwil Kemenag sebut empat calon haji Lampung ajukan penarikan dana

Arsip-Jamaah haji yang baru pulang beribadah di Tanah Suci dan sampai di Asrama Haji Lampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Ya, setelah diproses nanti dananya masuk ke rekening masing-masing calon haji
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung menyebutkan bahwa hingga kini ada empat calon haji yang sudah mengajukan penarikan dana hajinya.

"Empat orang ini yang mengajukan penarikan dana haji ini dari Kota Bandarlampung satu, dan tiga lainnya dari Kota Metro," kata Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Lampung Ansori, di Bandarlampung, Jumat.

Dia pun menjelaskan bahwa mekanisme pengambilan dana haji, mereka dapat mengajukannya ke Kemenag di kabupaten/kota masing-masing dengan menyertakan beberapa persyaratan, yakni membawa lembar setoran BIPIH asli dari BPJS, buku rekening bank yang masih aktif atas nama calon haji, fotokopi KTP asli, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Ya, setelah diproses nanti dananya masuk ke rekening masing-masing calon haji," kata dia lagi.

Ia pun mengungkapkan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) 660 Tahun 2021, mereka yang mengambil dana pelunasan haji akan tetap jadi prioritas untuk keberangkatan haji pada tahun berikutnya.

Dia pun mencontohkan bahwa pada tahun lalu ada 80 orang calon haji yang mengambil dana pelunasannya, dan seharusnya mereka menjadi prioritas berangkat ke Tanah Suci apabila tidak terjadi pembatalan kembali pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Mereka mengambil dana pelunasannya, tapi tetap menjadi prioritas berangkat penyelenggaraan haji tahun berikutnya, tapi bila dana setoran awalnya juga ditarik berarti  calon haji itu tercatat mundur dan tidak masuk kuota lagi," kata dia pula.

Namun begitu, lanjut dia, apabila calon haji tidak mengambil dananya, maka mereka akan mendapatkan manfaatnya dari hasil pengelolaan dana oleh BPKH.

Jumlah calon haji asal Lampung yang gagal berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan Rukun Islam yang ke lima di tahun ini sebanyak 6.636 orang.
Baca juga: 668 jamaah calon haji Bandarlampung telah divaksinasi
Baca juga: Kemenag Lampung siapkan vaksinasi 7.050 calon haji
Baca juga: Calon haji asal Lampung 7.055 orang dipastikan batal berangkat tahun ini
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar