Presiden Jokowi tinjau pelaksanaan vaksinasi di RSUI

id rsui,presiden jokowi,ui,vaksinasi ui

Presiden Jokowi tinjau pelaksanaan vaksinasi di RSUI

Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan ketika meninjau vaksinasi di RSUI Depok. ANTARA/Humas UI

Depok (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, untuk melihat dari dekat pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

"Saya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUI di Kota Depok yang ditujukan kepada para pendidik, lansia, dan pelayan publik. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi ini juga dilaksanakan di daerah/provinsi lain dengan bergerak secara cepat," kata Presiden ketika melihat langsung vaksinasi di RSUI Depok, Rabu.

Presiden berharap pada Juni 2021 target vaksinasi per hari 700.000 benar-benar tercapai, sehingga Juli 2021 sudah masuk pada target vaksinasi per hari 1.000.000 orang.

Hal ini berkaitan dengan Serbuan Vaksinasi yang dilakukan antara TNI, Polri, dan masyarakat, guna mempercepat penanganan COVID-19. Selama ini, RSUI sudah menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa mitra, antara lain Kemenkes, XL Axiata, dan Benihbaik.com.

Dalam kunjungan ke RSUI tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D, Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K). MPH, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Presiden Joko Widodo langsung meninjau lokasi tempat dilakukan vaksinasi di lokasi Gedung Parkiran RSUI tersebut tampak mobil dan motor penyedia layanan transportasi (ojek online dan pangkalan) mengantre di jalur drive thru.

Kemudian Presiden dan rombongan berjalan kaki menuju lobi Utama Gedung Entrance RSUI. Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara terlihat meninjau proses vaksinasi, dimulai dari registrasi hingga penyuntikan. Joko Widodo menyapa dan berbincang singkat dengan sejumlah peserta vaksinasi.


Menurut Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini, sejak dibukanya Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI pada Maret 2021, sampai sekarang tercatat hampir 39.000 orang sudah divaksin, terdiri dari kelompok prioritas, seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidik, warga lanjut usia, dan pelayan publik.

"Bisa dikatakan rata-rata per hari jumlah yang mendapatkan vaksin mendekati 1000 orang," kata dr. Astuti.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terima kasih atas kunjungan Presiden dalam meninjau proses vaksinasi Covid-19 di RSUI, baik di area poli maupun di area drive thru. Sebagai pelaksana vaksinasi dan penyedia fasilitas kesehatan dalam penanganan Covid-19,

RSUI terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat. Hingga saat ini, dalam pelaksanaan vaksinasi RSUI telah bekerja sama dengan sejumlah mitra.

RSUI berharap agar kegiatan vaksinasi Covid-19 terus dapat dilaksanakan secara masif guna mempercepat serta memperluas cakupan vaksinasi, sehingga tujuan dari vaksinasi yakni terciptanya kekebalan kelompok bisa segera dicapai.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit direalisasikan lewat kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan XL Axiata, berlokasi di gedung parkir Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok.

Dalam mendukung penanganan Covid-19, Sentra Vaksinasi RSUI per tanggal 7 Juni 2021 telah memberikan suntikan vaksin kepada 2.446 tenaga kesehatan, 9.919 dosen dan tenaga pendidik, 3.560 guru, 18.468 lansia, 445 petugas pemadam kebakaran, 3.642 pelayan publik, dan 365 pengemudi angkutan umum dan ojek online (ojol). Proses vaksinasi tetap dilaksanakan secara drive thru dan walk-in di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya.

Untuk kelancaran pelaksanaanya, setiap hari Sentra Vaksinasi RSUI mendapatkan dukungan lebih dari 130 relawan, termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi. Mereka berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata, dan tenaga medis RSUI.


Sementara itu, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, hingga saat ini Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit telah melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 kepada lebih dari 31 ribu orang. Selain warga lanjut usia, 60 tahun ke atas, vaksinasi juga sudah diberikan kepada kalangan pengajar dan dosen, relawan, SDM kesehatan, serta pelayan publik seperti pekerja angkutan umum, baik ojek maupun pengemudi angkot. Dalam sehari, di sentra vaksinasi ini mampu melakukan penyuntikan hingga 1.000 orang. Kami sangat senang, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit sejauh ini bisa ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19.


Proses vaksinasi yang berlangsung di RSUI tersebut dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan dan institusi yang berwenang lainnya. Untuk mempermudah para lansia memperoleh layanan ini, Pemerintahan Kota Depok juga melakukan program antarjemput lansia dari berbagai kecamatan. Untuk kelancaran pelaksanaanya, setiap hari sentra vaksinasi ini mendapatkan dukungan oleh lebih dari 130 relawan, termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi.  Mereka berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata dan tenaga medis RSUI.


Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra XL Axiata, yakni Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita. Selain itu, dukungan juga datang dari Dinas Kesehatan Kota Depok, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI.

 
Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI. Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari (kedatangan maksimal pukul 13.00 WIB).