Sebelum didistribusikan, Polres OKU Sumsel jaga ketat gudang penyimpanan vaksin COVID-19

id Gudang farmasi, pengamanan vaksin, personel Polres OKU, 640 vial vaksin, Dinkes OKU Sumsel

Sebelum didistribusikan, Polres OKU Sumsel jaga ketat gudang penyimpanan vaksin COVID-19

Personel Polres OKU Sumsel menjaga ketat gudang penyimpanan vaksin di Kecamatan Baturaja Timur, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Pengamanan ini agar vaksin yang didistribusikan ke 18 puskesmas nanti dalam keadaan baik

Baturaja (ANTARA) - Personel Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menjaga ketat gudang farmasi tempat penyimpanan vaksin COVID-19 sebelum didistribusikan ke seluruh puskemas di Kabupaten OKU.

"640 vial vaksin yang tiba di Kabupaten OKU tadi siang sekitar pukul 12.00 WIB ini langsung disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan OKU di Kecamatan Baturaja Barat," kata Kasubag Humas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) AKP Mardi Nursal di Baturaja, Minggu.

Ratusan vial vaksin untuk lansia dan pelayanan publik dari PT Merapi Utama Palembang tersebut dibawa menggunakan kendaraan roda empat dan dikawal ketat oleh Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan.

Sebelum didistribusikan ke seluruh tempat pelayanan vaksinasi, kata dia, pihaknya menyiagakan personel di gudang farmasi guna memastikan diterima dalam keadaan baik.

"Pengamanan ini agar vaksin yang didistribusikan ke 18 puskesmas nanti dalam keadaan baik," tegasnya.

Unit Intelkam Polres OKU yang siaga di gudang farmasi ini bertugas melakukan koordinasi dan deteksi dini setiap kegiatan yang berkaitan dengan vaksinasi.

"Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti vaksin rusak sebelum didistribusikan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto menjelaskan vaksin tambahan ini diperuntukkan bagi pelayan publik termasuk jurnalis dan masyarakat lanjut usia untuk disuntik vaksin tahap dua.

"Untuk vaksinasi lansia tahap pertama dosis vaksin yang didistribusikan ke Kabupaten OKU pada awa Ramadhan 2021 ada sekitar 1.250 Vial," katanya.

Dengan adanya tambahan dosis vaksin ini, kata dia, Dinas Kesehatan OKU akan mempercepat proses vaksin untuk lansia dan pelayanan publik dengan target 26 ribu masyarakat yang akan divaksin.

"Untuk jumlah vaksin masih kurang, namun kekurangan tersebut akan kami ajukan penambahan secara bertahap," ujar dia.