ITERA petakan potensi banjir hingga jalur evakuasi di Tanggamus

id Itera,Bencana,Banjir,Lampung,Peta sebaran banjir

ITERA petakan potensi banjir hingga jalur evakuasi di Tanggamus

Tim dari Institute Teknologi Sumatra (ITETA) memberikan peta sebaran bnajir kepada perwakilan desa Sukamara, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Minggu, (6/6/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Tim dosen Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan kajian pemetaan banjir di Desa Sukamara, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang bertujuan menghasilkan peta sebaran banjir secara eksisting yang dapat digunakan sebagai peringatan dini bagi warga," kata Ketua program pengabdian kepada masyarakat (PkM), M Gilang Indra Mardika,S.T., M.T.,. di Bandarlampung, Minggu.

Ia juga mengatakan bahwa selain melakukan pemetaan sebaran banjir, pihaknya pun menghasilkan peta jalur evakuasi yang mana hal tersebut dapat digunakan warga setempat bila ada peringatan dini bencana.

Di menjelaskan, kegiatan pengabdian dilakukan sejak awal April 2021 dimana Tim ITERA terjun langsung ke lokasi guna melakukan survei bersama pemuda karang taruna desa setempat untuk men-tracking (penelusuran) titik – titik lokasi rawan banjir di desa itu.

Kemudian, kata dia, sebagai tindak lanjut dari survey dan pengolahan data yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa ITERA hasil kajian berupa peta sebaran daerah banjir lengkap dengan jalur evakuasinya diserahkan kepada perwakilan Desa Sukamara, Tanggamus.

"Tentunya kita harapkan peta sebaran banjir  tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat, dan dapat teredukasi," katanya.

Menurutnya, kegiatan PkM yang dilakukan oleh ITERA merupakan bentuk kepedulian kampus atas fenomena bencana alam khususnya banjir yang berpotensi terjadi di Desa Sukarama.

"Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ITERA topik penanggulangan bencana alam menjadi salah satu prioritas dalam pengabdian masyarakat pada Hibah ITERA 2021," kata dia.