Kapal perang Iran terbakar di muaraTeluk Oman

id kebakaran kapal Iran,kapal angkatan laut Iran,Iran,teluk oman,serangan kapal iran,selat hormuz

Kapal perang Iran terbakar di muaraTeluk Oman

Dokumentasi - Kapal Kharg milik Republik Islam Iran mengunjungi Indonesia pada Selasa (25/2/2020), dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. (ANTARA/Dokumentasi Kedubes Iran)

Dubai (ANTARA) - Kebakaran terjadi di kapal angkatan laut Iran yang berada di dekat  muara Teluk Oman, tetapi seluruh awak kapal dapat dievakuasi dengan aman, kata kantor berita Fars yang mengutip pernyataan AL Iran, Rabu.

Operasi pemadaman kebakaran berlanjut di atas kapal tersebut, yang berada di dekat pelabuhan Jask Iran yang terletak di Teluk Oman, menurut pernyataan itu.

Pihak angkatan laut Iran menyebutkan bahwa kapal itu sedang digunakan dalam misi pelatihan.

Namun, pernyataan dari angkatan laut Iran tidak memberikan penjelasan mengenai penyebab kebakaran.

Pada April, Iran mengatakan salah satu kapalnya, Saviz, telah menjadi sasaran di Laut Merah, setelah media melaporkan kapal itu telah diserang dengan ranjau limpet.

Serangan terhadap kapal Saviz itu adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan yang dilaporkan terhadap kapal kargo milik Israel dan Iran sejak akhir Februari, saat kedua negara musuh bebuyutan itu saling menuduh lawannya sebagai pelaku serangan. 

Tahun lalu, sebuah kapal perang Iran secara tidak sengaja menghantam kapal lain dengan rudal selama latihan hingga menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 orang lainnya.

Insiden itu terjadi selama pelatihan di Teluk Oman, yakni jalur perairan sensitif yang menghubungkan ke Selat Hormuz --yang dilalui kapal-kapal pembawa sekitar seperlima pasokan minyak dunia. Iran secara teratur melakukan latihan di daerah tersebut.

Baca juga: Iran tuding Israel sabotase fasilitas nuklir Natanz

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar