Peringatan Hari Kelahiran Pancasila jadi momen saling mengayomi

id Corona Lampung, kelahiran Pancasila,Pemprov Lampung

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila jadi momen saling mengayomi

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat memberi keterangan. Bandarlampung, Selasa 1/6/2021 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni menjadi momen saling mengayomi meski di tengah pandemi COVID-19.

"Pancasila ini merupakan salah satu pedoman hidup Bangsa Indonesia, sehingga nilai-nilai Pancasila harus terus diamalkan terutama selama pandemi COVID-19 berlangsung," ujar Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menjelaskan di masa krisis kesehatan yang masih berlangsung, dengan adanya Hari Kelahiran Pancasila menjadi momentum kembali meningkatkan kesadaran untuk saling membantu dan mengayomi.

"Ini momen kita introspeksi diri bahwa bergotong royong dan mengayomi di masa sulit harus terus dilakukan, seperti pekerja yang terkena PHK tentu kita beri perhatian agar dapat kembali bangkit," ucapnya.

Menurutnya, dengan terciptanya kebersamaan dan gotong royong diharapkan dapat membantu mengatasi ragam persoalan yang terjadi selama pandemi COVID-19.

"Pancasila menjadi dasar kehidupan kita, keadilan masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan juga menjadi fokus selama pandemi COVID-19," katanya pula.

Ia mengatakan adanya keadilan dalam memperoleh akses kesehatan menjadi salah satu bentuk membangun optimisme masyarakat dalam melewati pandemi COVID-19.