BMKG prakirakan hujan lebat meliputi sebagian wilayah Indonesia, Sabtu

id hujan lebat,cuaca indonesia,perairan indonesia,bmkg hujan

BMKG prakirakan hujan lebat meliputi sebagian wilayah Indonesia, Sabtu

Arsip Foto. Pengendara melaju di tengah hujan lebat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (15/4/2021). (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)

Hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga diprakirakan turun
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu.

Menurut informasi cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Papua.

Hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga diprakirakan turun di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Maluku Utara, dan Maluku.

BMKG juga menyampaikan peringatan mengenai potensi munculnya gelombang setinggi empat hingga enam meter di Samudera Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias dan Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Timur.

Selain itu, gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter berpotensi muncul di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, dan Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba.

Gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter juga diprakirakan menghampiri Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur, Perairan Selatan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, Perairan Selatan Kepulauan Kei hingga Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.

Gelombang tinggi dan sangat tinggi berisiko menimbulkan gangguan dalam pelayaran perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

BMKG juga menyampaikan imbauan kepada warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir perairan yang berpeluang menghadapi gelombang tinggi untuk selalu waspada.
Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di Lampung dan beberapa wilayah
Baca juga: Lampung dan sejumlah provinsi lain berpotensi diguyur hujan disertai angin kencang