Ketua Komisi IV DPR RI tebar 200.000 benih ikan di embung Itera

id Ketua Komisi DPR,Komisi IV,Sudin,Itera

Ketua Komisi IV DPR RI tebar 200.000 benih ikan di embung Itera

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sudin, menebarkan 200.000 benih ikan di Embung Kebun Raya ITERA bersama stakeholder terkait. Jumat, (28/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Itera memiliki potensi yang besar sekali dengan luas lahan lebih dari 250 ha, sehingga dengan berbagai bantuan yang kami upayakan semoga Itera dapat berkembang pesat seperti kampus-kampus besar di Indonesia, kata dia

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, menebar 200.000 benih ikan di embung Kebun Raya Institut Teknologi Sumatera (Itera) bantuan dari Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung dan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam, Provinsi Jambi. 

"Benih ikan terdiri dari jenis ikan Jelawat sebanyak 50.000 ekor, dan jenis Nilam sebanyak 150.000 ekor yang kita tebarkan di empat embung di sini," kata Sudin, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat.

Ia menjelaskan kedatangannya ke Itera kali ini merupakan yang kedua, setelah beberapa bulan lalu melakukan kunjungan bersama Kementerian Pertanian untuk memberikan bantuan bibit tanaman buah.

Baca juga: Bapeten libatkan pakar Itera kaji kelayakan PLTN

Sudin berharap, setiap kunjungannya ke Itera dapat memberikan manfaat, dan selalu mendukung percepatan pembangunan Kampus Itera. 

“Kami datang dengan membawa 200.000 benih ikan, semoga ke depan akan terus bertambah,” ujarnya.

Ia juga berkomitmen akan mendukung pembangunan Itera, khususnya Kebun Raya Itera melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Dirjen Hortikultura, Kementan yang berada di bawah koordinasi Komisi IV DPR RI. 

"Itera memiliki potensi yang besar sekali dengan luas lahan lebih dari 250 ha, sehingga dengan berbagai bantuan yang kami upayakan semoga Itera dapat berkembang pesat seperti kampus-kampus besar di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Dosen Itera latih warga Lampung Tengah olah limbah jadi pupuk organik

Sementara Wakil Rektor Bidang Non Akademik Itera, Prof Dr Sukrasno, M.S., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPRI RI, yang selalu peduli dengan pembangunan Itera selama ini.

“Semoga bantuan ikan yang diberikan dapat kami berdayakan, dan menjadi pelengkap konservasi air dari tujuh embung yang ada di Itera,” kata Sukrasno.

Baca juga: Itera latih guru dan siswa buat masker kecantikan

Dia mengungkapkan sebagai kampus yang mengusung motto “smart, friendly, dan forest campus, Itera berupaya menjadi kampus yang terus memanfaatkan teknologi sebagai pendukung berbagai kegiatan dan selalu berupaya menjadi kampus yang ramah bagi masyarakat, terbuka serta berwawasan hutan. 

“Bapak Rektor Itera sangat konsentrasi pada penghijauan kampus. Meskipun pembangunan terus kami lakukan, namun Itera juga fokus melakukan konservasi dan penghijauan melalui Kebun Raya Itera, dan tujuh embung yang saat ini kami miliki,” ujarnya.